Friday , October 23 2020
Home » The Lounge » News » YouTube Uji Fitur Belanja Online

YouTube Uji Fitur Belanja Online

foto : YouTube

YouTube Uji Fitur Belanja Online

lebakcyber.net – YouTube uji fitur belanja online. Youtube sepertinya akan merambah pada fitur jual beli langsung yang dapat dilakukan pada platformnya. Soalnya YouTube dilaporkan sedang melakukan ujicoba fitur dimana orang yang melihat video di YouTube bisa langsung membeli sebuah produk langsung dari video yang ditayangkan.

Hal tersebut dikatakan karena YouTube sedang berusaha untuk bisa menyaingi Amazon. Beberapa kreator di YouTube juga kabarnya sudah mencoba fitur tersebut. Mereka bisa menandai produk yang diiklankan pada video yang mereka buat.

Nantinya data yang ada pada video tersebut bisa dilacak untuk melihat bagaimana performa dari penjualan produk yang dimaksud. Dari sisi penonton mereka bisa mengklik produk yang muncul pada saat video diputar serta melakukan pembelian langsung tanpa harus berpindah ke platform lain.

Advertisements

Hadirnya fitur tersebut sepertinya sejalan dengan langkah Google yang sebelumnya sudah melakukan ujicoba untuk melakukan integrasi ecommerce Shopify. Pihak Youtube sendiri dilaporkan sudah melakukan ujicoba integrasi tersebut tahun lalu.

Saat itu para kreator dapat membuat sebuah daftar penjualan barang sampai 12 produk di bagian bawah video yang mereka buat.

Advertisements

Dikutip dari halaman XDA Developers, Sabtu (10/10/2020), belum ada kabar pasti bagaimana pihak YouTube akan mendapat penghasilan dari proses penjualan langsung melalui platformnya tersebut.

Biasanya para kreator akan mendapatkan komisi dari produk yang berhasil terjual dari program tersebut. Dengan kata lain hal tersebut dapat menjadi celah penghasilan baru selain iklan bagi para kreator yang ada di YouTube.

YouTube sendiri kabarnya memang telah memiliki rencana untuk mengubah platformnya agar bisa menjadi salah satu pilihan untuk melakukan belanja langsung. Namun sayangnya hal tersebut belum bisa direalisasikan dengan cepat.

Dengan ramainya pandemi yang sekarang ini sedang terjadi di seluruh dunia, platform e-commerce telah mengalami kenaikan yang signifikan. Potensi dari kenaikan tersebut diperkirakan bisa bertambah dengan adanya inisiatif dari YouTube tersebut.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

YouTube Rilis Fitur Baru di iOS

YouTube Rilis Fitur Baru di iOS

YouTube Rilis Fitur Baru di iOS lebakcyber.net – YouTube rilis fitur baru di iOS. Tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *