Sunday , September 27 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » YouTube Merilis Fitur Chapter

YouTube Merilis Fitur Chapter

foto : Cnet

YouTube Merilis Fitur Chapter

lebakcyber.net – YouTube merilis fitur Chapter. Youtube baru saja merilis fitur baru yang bisa digunakan oleh semua penggunanya, baik pada versi desktop, tablet ataupun smartphone. Fitur baru bernama chapter tersebut sebenarnya sudah ada sejak bulan April 2020 lalu, dimana fitur tersebut memungkinkan para pengguna agar bisa lebih mudah melewati bagian pada sebuah video yang sedang dilihat.

Pada versi desktop, video yang sudah mendukung fitur chapter tersebut sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan video yang ada di Youtube pada umumnya. Namun perbedaan bisa dilihat dengan mudah yaitu adanya potongan-potongan garis yang bisa dilihat pada bagian playback.

Potongan-potongan tersebut dibatasi dengan jeda hitam yang menandakan kapan penggalan tersebut akan berakhir.

Advertisements

Desain yang sama juga bisa dilihat pada Youtube versi tablet dan juga smartphone. Tapi aplikasi pada smartphone, pihak Youtube menambahkan dukungan haptic atau getaran saat pengguna mengarahkan kursor playback ke penggalan atau chapter baru.

Tapi pada perangkat yang belum mendukung fitur haptic, nantinya akan ada tampilan penggalan baru yang akan muncul untuk memberitahukan kepada para pengguna.

Advertisements

Dikutip dari halaman The Verge (29/05/2020), fitur tersebut sedikit berbeda jika dibandingkan dengan proyek proyek Google sebelumnya. Penggalan pada video yang ada di Youtube tersebut sepenuhnya mengandalkan kreator dari video yang dibuat.

Itu artinya sang kreator harus menambahkan timestamp pada deskripsi video yang mereka upload ke Youtube. Dan agar fitur chapter tersebut dapat berjalan dengan baik, setidaknya sebuah video harus memiliki tiga buah timestamp dengan durasi masing-masing harus lebih dari 10 detik.

Selanjutnya pihak YouTube juga akan mengakses metadata dari video tersebut dan mengubahnya menjadi potongan-potongan video.

Youtube mengatakan akan selalu mengingatkan kepada para kreatornya agar memasukan penggalan saat proses upload dilakukan.

Hal tersebut agar memastikan kalau ada banyak video yang sudah menggunakan fitur tersebut walaupun pada dasarnya para kreator tidak diwajibkan untuk menambahkannya pada video yang mereka upload.

Dengan adanya fitur tersebut, para pemirsa Youtube diharapkan bisa semakin mudah dalam melakukan navigasi pada video yang mereka lihat. Hal tersebut juga bisa mempersingkat waktu bagi pengguna yang ingin mencari hal spesifik yang ada pada sebuah video di Youtube.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

YouTube Akan Rilis Aplikasi Pesaing TikTok

YouTube Akan Rilis Aplikasi Pesaing TikTok

YouTube Akan Rilis Aplikasi Pesaing TikTok lebakcyber.net – YouTube akan rilis aplikasi pesaing TikTok. Pihak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *