Tuesday , April 23 2019
Home / The Lounge / Intermezzo / YouTube Hentikan Rekomendasi Video Bumi Datar

YouTube Hentikan Rekomendasi Video Bumi Datar

foto : CNN

YouTube Hentikan Rekomendasi Video Bumi Datar

lebakcyber.net – YouTube hentikan rekomendasi video bumi datar dan juga video yang berisi konspirasi lainnya.

Hal tersebut dilakukan karena Youtube berpendapat bahwa video konspirasi memang menyenangkan dan juga menghibur karena membuat orang yang melihatnya berpikir akan sesuatu. Tapu hal tersebut bisa berbahaya dan membuat orang benar-benar terjerumus dalam konspirasi tersebut.

Dikutip dari halaman Ubergizmo, YouTube mengungkapkan alasan mereka mengapa tidak lagi merekomendasikan video yang berisi konspirasi. “Mereka bisa bertindak berdasarkan pemahaman yang salah dimengerti, yang bisa membahayakan diri mereka ataupun orang lain”.

Di sisi lain, mustahil untuk melarang peredaran video konspirasi tersebut. Hal tersebut diperparah lagi dengan seringnya algoritma YouTube yang merekomendasikan video video yang sejenis, walaupun tidak disengaja. Karenanya pihak YouTube sekarang berusaha agar video konspirasi tidak lagi masuk dalam daftar rekomendasi di layanannya.

YouTube juga menjelaskan bahwa mereka akan mulai mengurangi rekomendasi konten yang memberikan informasi yang salah dan bisa membahayakan, seperti video tentang video obat mujarab palsu untuk suatu penyakit serius, video bumi datar, atau klaim palsu mengenai peristiwa bersejarah seperti tragedi 9/11.

YouTube memberikan catatan, bahwa dengan tidak merekomendasikan, bukan berarti video tersebut tidak tersedia di layanannya. Pengguna masih dapat mencarinya dan tetap akan tayang selam masih sesuai dengan aturan YouTube.

YouTube merasa bahwa perubahan ini merupakan upaya mereka untuk bisa menyeimbangkan dan mengakomodir kebebasan berpendapat namun juga menjalankan tanggung jawab mereka kepada platform YouTube tersebut.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *