Monday , August 19 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Yang Baru Dari MacOS High Sierra

Yang Baru Dari MacOS High Sierra

foto : macrummors

Yang Baru Dari MacOS High Sierra

lebakcyber.net – Minggu ini Apple secara resmi meluncurkan sistem operasi terbarunya yaitu MacOS 10.13 High Sierra untuk para pengguna komputer dan laptop Mac. Sistem operasi terbarunya tersebut sudah bisa didownload secara gratis di Mac App Store dengan ukuran file sebesar 4,8 GB. Apa saja sih yang baru dari MacOS High Sierra tersebut, berikut artikelnya dibawah ini.

Apple menambahkan beberapa pembaruan di MacOS High Sierra, salah satunya adalah dukungan terhadap codec video HEVC atau H.265 yang merupakan penerus dari codec H.264. Hal tersebut juga karena kini iPhone dengan iOS 11 sudah secara default merekam video dengan codec HEVC karena lebih efisien dan ukuran dari file video yang direkam 40 persen lebih kecil namun masih memiliki kualitas yang tinggi.

Untuk komputer desktop Apple dan juga MacBook Pro terbaru yang sudah menggunakan prosesor Intel Kaby Lake bisa melakukan decoding dengan menggunakan Codec HEVC secara hardware, sedangkan untuk Mac yang lebih lawas akan melakukan decoding dengan menggunakan software.

Selain itu sistem operasi MacOS High Sierra juga membawa dukungan Metal 2 yang merupakan API grafis buatan Apple untuk memenuhi kebutuhan machine learning dan hal-hal lain yang terkait seperti pengenalan pada suara dan juga computer vision.

Sistem operasi MacOS High Sierra juga sudah mendukung file system APFS yang merupakan upgrade dari file system HFS sebelumnya. APFS dirancang untuk media penyimpanan berbasis memori flash (SSD) dan karena itu pada awalnya hanya akan tersedia di Mac dengan flash storage. Untuk Mac yang masih menggunakan drive Fusion dan harddisk akan menyusul belakangan.

Ada juga tambahan untuk dukungan Virtual Reality, Core ML, Safari dengan fitur blocking video autoplay dan juga aplikasi Photos yang mendapatkan tool dan tampilan baru.

Pihak Apple sendiri mengatakan bahwa sistem operasi MacOS High Sierra bisa digunakan oleh semua komputer Mac keluaran pertengahan 2010 atau yang lebih baru. Sedangkan untuk Macbook dan iMac keluaran akhir 2009 juga masih bisa untuk menggunakan sistem operasi MacOS High Sierra.

 

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *