Tuesday , September 29 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Xiaomi Masih Ingin Kembangkan Chipset Sendiri

Xiaomi Masih Ingin Kembangkan Chipset Sendiri

foto : Xiaomi

Xiaomi Masih Ingin Kembangkan Chipset Sendiri

lebakcyber.net – Xiaomi masih ingin kembangkan chipset sendiri. Xiaomi sepertinya masih belum ingin menyerah dalam mengembangkan chipset buatan mereka sendiri. Perusahaan yang berasal dari Tiongkok tersebut sebenarnya sudah memiliki satu portofolio chipset buatan sendiri yang diberinama Surge 1.

Berita terbaru juga mengatakan kalau Xiaomi belum menyerah dengan rencana pengembangan chipset Surge tersebut. Sebagai informasi tambahan kalau sampai sekarang ini terdapat tiga perusahaan smartphone yang mengembangkan chipset buatan sendiri, yaitu Apple, Huawei dan juga Samsung.

Tapi sepertinya perusahaan Huawei sudah mulai mengalami kesulitan untuk bisa kembali mengembangkan chipset akibat sanksi dari pemerintah Amerika Serikat yang masih berlanjut sampai sekarang.

Advertisements

Xiaomi juga termasuk kedalam salah satu perusahaan yang membuat chipset sendiri tersebut. Tapi tidak seperti ketiga perusahaan lainnya yang sudah memiliki banyak lini chipset. Xiaomi hanya baru memiliki satu lini saja, yaitu Surge 1.

Chipset Surge 1 buatan Xiaomi tersebut meluncur pada tahun 2017 lalu yang memiliki konfigurasi 4 Cortex-A53 2,2 GHz serta 4 Cortex-A53 1,4 GHz, chipset tersebut dibuat menggunakan fabrikasi 28nm HPC+ serta menggunakan GPU Mali-T860.

Advertisements

Tidak lama setelah meluncurkan chipset Surge 1, Xiaomi juga merilis smartphone Mi 5C yang sudah menggunakan chipset Surge 1 tersebut. Smartphone tersebut menjadi satu-satunya smartphone yang menggunakan chipset Surge 1 didalamnya.

Dan sampai sekarang ini pihak Xiaomi masih belum merilis produk smartphone lainnya yang menggunakan chipset Surge 1 yang mereka buat.

Dikutip dari halaman Gizmochina, Rabu (12/08/2020), CEO Xiaomi, Lei Jun mengatakan kalau perusahaannya masih belum ingin menyerah untuk mengembangkan Surge. Dirinya menambahkan kalau pihaknya tidak akan mengecewakan harapan banyak orang mengenai chipset yang mereka buat.

Sampai sekarang ini masih belum diketahui apa rencana dari Xiaomi mengenai kelanjutan chipset Surge di masa depan. Tapi kondisi dimana Huawei mulai merasa kesulitan dengan chipset yang mereka buat bisa saja dimanfaatkan oleh Xiaomi untuk bisa meraih pasar domestik di Tiongkok.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Xiaomi Watch Color Resmi Dirilis

Xiaomi Watch Color Resmi Dirilis

Xiaomi Watch Color Resmi Dirilis lebakcyber.net – Xiaomi Watch Color resmi dirilis. Xiaomi resmi merilis …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *