Thursday , August 22 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Wireless Charging Buat Baterai iPhone Bocor

Wireless Charging Buat Baterai iPhone Bocor

foto : shop7and7

Wireless Charging Buat Baterai iPhone Bocor

lebakcyber.net – Salah satu fitur baru yang hadir pada iPhone khususnya iPhone 8, iPhone 8 Plus dan juga iPhone X adalah kemampuannya untuk melakukan pengisian baterai secara nirkabel, namun sayangnya wireless charging buat baterai iPhone bocor seperti yang dikeluhkan oleh penggunanya.

Walaupun bisa dibilang praktis karena mampu mengisi baterai iPhone tanpa harus terhubung dengan kabel, wireless charging mungkin saja bisa membawa efek yang tidak baik kepada baterai iPhone.

Hal tersebut diungkapkan oleh salah seorang pengguna iPhone 8 Plus bernama Adrian Kingsley Hughes yang mendapati kinerja dari ponsel miliknya makin lama makin menurun setelah dia mulai menggunakan wireless charging.

Hughes juga menginstall sebuah aplikasi bernama CoconutBattery yang bisa memantau recharge cycle iPhone 8 Plus miliknya. Recharge Cycle sendiri adalah siklus pengisian baterai dari 0 sampai 100 persen dan berlaku secara kumulatif.

Contohnya pengguna memakai baterai ponsel sebanyak 75 persen sehingga hanya tersisa 25 persen saja, lalu mengisi daya sampai 100 persen pada malam harinya, apabila esoknya baterai dipakai sebesar 25 persen, maka akan dihitung sebagai satu siklus pengisian.

Baterai iPhone sendiri dirancang untuk mampu menyimpan daya sebesar 80 persen kapasitas awal dalam 500 kali recharge cycle, yang mana biasa dicapai dalam waktu 2 sampai 3 tahun.

Namun dari data yang dihasilkan oleh CoconutBattery, Hughes mengetahui bahwa iPhone 8 Plus yang dia gunakan sudah mengalami 135 recharge cycle hanya dalam waktu kurang dari 6 bulan.

Siklus pengisian baterai pun semakin lama semakin sering dilakukan, sehingga ada indikasi kalau baterai bocor atau daya tampung yang dimiliki oleh baterai menjadi semakin berkurang walaupun sebenarnya masih dibilang relatif baru.

Hughes kemudian mengatakan bahwa kemungkinan penyebabnya adalah baterai yang bekerja lebih keras saat dilakukan pengisian daya dengan menggunakan wireless charging dibandingkan dengan menggunakan kabel.

Dikutip dari halaman ZDNet, hughes mengatakan bahwa saat di charge dengan menggunakan kabel, ponsel menyala dengan daya dari kabel, namun saat menggunakan wireless charger daya baterai tetap digunakan untuk menyalakan ponsel, dan hal tersebut menyebabkan baterai tidak bisa beristirahat. Lama kelamaan kinerja baterai iPhone pun menurun lebih cepat jika menggunakan wireless charging. Namun hughes tidak menjelaskan apa merek dan tipe dari wireless charger yang dia gunakan.

Di pasaran sendiri diketahui ada beberapa wireless charger yang kompatibel dengan iPhone 8, iPhone 8 Plus dan juga iPhone X. Hughes pun akhirnya memutuskan untuk kembali ke metode pengisian baterai konvensional yaitu dengan menggunakan baterai.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *