Tuesday , July 16 2019
Home / The Lounge / Tips dan Trik / Wi-Fi Kantor Rentan Kena Serangan Siber

Wi-Fi Kantor Rentan Kena Serangan Siber

foto : chelseagatestudios.co.uk

Wi-Fi Kantor Rentan Kena Serangan Siber

lebakcyber.net – Wi-Fi Kantor Rentan Kena Serangan Siber. Hampir semua kantor sekarang ini sudah dilengkapi dengan jaringan internet Wi-Fi dan bahkan jumlahnya bisa lebih dari satu.

Karyawan juga dapat dengan nyaman menghubungkan smartphone, tablet sampai laptop mereka ke jaringan Wi-Fi yang ada di kantor mereka.

Namun jaringan internet nirkabel tersebut dapat menjadi titik lemah dalam infrastruktur IT perusahaan. Dari mana potensi datangnya bahaya pada jaringan Wi-Fi di kantor.

Dikutip dari halaman resmi Kaspersky, penggunaan sandi yang lemah dapat menjadi salah satu akses masuk serangan melalui Wi-Fi kantor.

Padahal, langkah-langkah kecil diatas sebenarnya dapat menjadi pencegahan sederhana dari serangan potensial di dekat kantor, ataupun upaya masuk kedalam sistem IT kantor melalui koneksi Wi-Fi.

Sebagai informasi tambahan, melakukan serangan sederhana kepada login router hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja. Sementara untuk meretas kombinasi password yang rumit membutuhkan banyak wakti dan peretas dapat saja menggunakan kerentanan firmware yang ada pada router.

Para peneliti di Kaspersky juga mendeteksi kerentanan yang memungkinkan pelaku serangan masuk kedalam jaringan melalui kata sandi router dan mekanisme perlindungan lainnya.

Pada beberapa kasus yang banyak terjadi, mereka bisa mendapatkan hak pengguna super pada perangkat dan biasanya pengembang juga berupaya lebih cepat untuk memperbaiki kerentanan tersebut.

Sayangnya banyak perusahaan yang tidak melakukan patch pada waktu yang tepat, apalagi jika melibatkan reflashing firmware saat melakukannya.

Jaringan Bagi Para Tamu

Banyak perusahaan yang menggunakan jaringan Wi-Fi berbeda untuk karyawan dan juga para tamu yang datang. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk pencegahan yang masuk akal. Karena di satu sisi, pelanggan dan pengunjung dapat terhubung ke internet kantor.

Namun di sisi lain, para tamu ataupun orang luar tidak akan memiliki akses ke jaringan utama perusahaan dan juga sumber daya internal.

Walaupun begitu, ternyata jaringan Wi-Fi yang disediakan bagi para tamu berpotensi merugikan bagi perusahaan.

Dengan melakukan konfigurasi jaringan yang tepat, tanpa disadari karyawan dapat membahayakan diri mereka sendiri.

Saran Kaspersky Untuk Melindungi Wi-Fi Kantor

  • Sembunyikan nama jaringan sehingga sulit untuk ditemukan.
  • Gunakan nama jaringan yang sulit ditebak.
  • Pisahkan jaringan Wi-Fi untuk karyawan dan untuk tamu.
  • Berikut ini adalah saran dari perusahaan keamanan Kaspersky untuk melindungi Wi-Fi Kantor :
  • Perusahaan harus selalu memperbarui firmware router Wi-Fi dan juga titik akses serta melakukan pembaruan update terbaru.
  • Menggunakan kata sandi yang unik, panjang dan rumit untuk mengakses Wi-Fi, karena dengan menggunakan kata sandi yang kuat dapat membuat peretasan jaringan menjadi lebih rumit.
  • Batasi kekuatan sinyal jaringan sehingga tidak dapat dipakai diluar kantor.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *