Wednesday , October 16 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / WhatsApp Android Akan Punya Fitur Sidik Jari

WhatsApp Android Akan Punya Fitur Sidik Jari

foto : HackersOnlineClub

WhatsApp Android Akan Punya Fitur Sidik Jari

lebakcyber.net – WhatsApp Android akan punya fitur sidik jari. WhatsApp dikabarkan akan segera memperluas kehadiran keamanan biometrik melalui fitur sidik jari yang akan ada pada aplikasi berbagi pesan tersebut.

Setelah sebelumnya fitur tersebut hadir di iOS, sekarang diliran sistem operasi Android yang kabarnya akan mendapatkan fitur tersebut. Informasi ini didapat setelah ada pilihan fingerprint lock pada WhatsApp beta versi terbaru, tepatnya versi 2.19.221.

Dikutip dari halaman Android Police, pengguna yang sudah menggunakan WhatsApp Beta versi terbaru tersebut dapat melihat fitur ini pada pilihan Settings. Oleh karena itu, bagi pengguna WhatsApp beta di Android sekarang sudah dapat menggunakan fitur ini.

Advertisements

Namun sampai saat ini belum diketahui jadwal pasti kapan fitur ini dapat digunakan secara global, namun mengingat sekarang sudah fitur tersebut sudah hadir dalam versi beta, kemungkinan WhatsApp akan merilisnya dalam waktu dekat.

Dengan fitur keamanan biometrik tersebut, WhatsApp ingin menawarkan keamanan isi pesan pribadinya menjadi lebih baik lagi. Jadi nantinya tidak sembarang orang yang dapat membuka aplikasi berbagi pesan tersebut karena diperlukan akses sidik jari untuk membukanya.

Walaupun sudah menawarkan fitur keamanan yang lebih privat lagi, kehadiran fitur sidik jari tersebut ternyata sempat membuat cemas beberapa pengguna. Karena ada ketakutan WhatsApp akan mengambil data biometrik dari perangkat para penggunanya.

Advertisements

Apalagi setelah diketahui kalau Facebook selaku pemilik WhatsApp memiliki pengamanan data pengguna yang cukup buruk. hal tersebut dibuktikan dengan pernah terjadinya skandal penyalahgunaan data yang sempat heboh tahun lalu.

Oleh karena itu, beberapa peneliti mengatakan kalau keputusan menggunakan sidik jari tersebut di sebuah aplikasi, berarti pengguna mengetahui konsekuensi data tersebut dapat hilang.

Isao Echizen salah seorang peneliti keamanan asal Jepang kepada Financial Times mengatakan “Sekali kamu membagi informasi tersebut kepada media sosial, itu sama saja dengan merelakannya untuk hilang”.

Fitur Boomerang di WhatsApp

Selain fitur pemindai sidik jari tersebut, ternyata WhatsApp juga akan menghadirkan fitur boomerang seperti yang ada pada aplikasi Instagram yang memungkinkan penggunanya membuat video loop.

Dikutip dari halaman NDTV, fitur boomerang ini masih dalam tahap pengembangan dan kabarnya baru akan tersedia untuk pengguna WhatsApp yang menggunakan sistem operasi iOS.

Berdasarkan informasi dari WABetaInfo, pengembangan fitur Boomerang tersebut sudah dilakukan oleh WhatsApp. Para pengguna aplikasi berbagi pesan milik Facebook tersebut kabarnya akan dapat menggunakan fitur tersebut pada panel video Type.

Video Type sendiri menghadirkan kemampuan untuk mengkoknversi file video ke GIF. Seorang sumber mengatakan kalau fitur Boomerang ini akan tersedia untuk video yang memiliki durasi kurang dari 7 detik.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Dompet Digital WhatsApp Segera Hadir di Indonesia

Dompet Digital WhatsApp Segera Hadir di Indonesia

Dompet Digital WhatsApp Segera Hadir di Indonesia lebakcyber.net – Dompet digital WhatsApp segera hadir di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *