Tuesday , April 23 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Virus Multi OS Yang Bisa Menyerang Lewat Facebook Messenger

Virus Multi OS Yang Bisa Menyerang Lewat Facebook Messenger

Foto : Solucionesim.net

Virus Multi OS Yang Bisa Menyerang Lewat Facebook Messenger

lebakcyber.net – Jika kamu pengguna jejaring sosial Facebook, berhati hatilah saat menerima pesan dari teman atau siapapun yang berisi link video. Kaspersky Lab baru saja menemukan penyebaran malware melalui facebook yang mampu menyerang berbagai sistem operasi. Virus multi os yang bisa menyerang lewat Facebook Messenger itu akan menyematkan malware kedalam pesan berisi link video.

Jika kamu sampai mengklik link tersebut, selanjutnya kamu akan dibawa ke website palsu yang akan menipu kamu untuk menginstall suatu malware. Sebagian dari malware ini berupa add-on browser, sehingga bisa menginfeksi browser ataupun platformnya, jadi tidak peduli apakah kamu menggunakan Windows, Linux ataupun MacOS malware ini akan tetap mampu menyerang karena yang diinfeksi adalah browser yang berjalan secara multi OS atau Cross Platform.

Bagaimana Malware Ini Menyerang?

Malware ini menyebarkan dirinya melalui pesan yang dikirim ke Facebook yang berisi link video. Walaupun belum diketahui secara pasti bagaimana pesan ini dapat menyebar, namun pihak kaspersky menduga pesan ini berasal dari akun teman yang sudah terkena hack sebelumnya.

Begitu link video yang berisi malware itu kamu klik, maka kamu akan dibawa kehalaman google doc yang berisi gambar yang seolah-olah merupakan thumbnail dari suatu video. Thumbnail video ini sangat meyakinkan karena berasal dari sang pengirim yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menyerupai thumbnail video.

Modus Operandi Malware

Setelah kamu mengklik thumbnail video tersebut, kamu akan dibawa ke suatu halaman web lain yang berbeda-beda tergantung dari jenis sistem operasi yang kamu gunakan, apakah itu Windows, Linux ataupun MacOS. Misalnya kamu menggunakan browser Firefox di Windows, maka kamu akan dibawah ke suatu halaman web yang menampilkan pesan untuk mengupdate Flash Player palsu. Jika kamu download dan install, maka adware akan langsung menginfeksi PC kamu.

Jika kamu menggunakan Google Chrome, kamu akan dibawa ke halaman Youtube palsu yang dibuat seolah-olah error dan meminta kamu untuk melakukan installasi extension untuk Google Chrome. Ini akan terjadi jika kamu menggunakan browser Google Chrome di sistem operasi apapun. Begitu Extension tersebut kamu install, sebenarnya kamu sedang menginstallasi aplikasi downloader yang digunakan oleh penyerangnya untuk mendownload file pilihan yang mereka butuhkan.

Virus Multi OS Yang Bisa Menyerang Lewat Facebook Messenger
Foto : kaspersky Lab

Pengguna Safari di MacOS juga mendapatkan halaman web palsu yang sama dengan pengguna Firefox di Windows, namun perbedaannya adalah saat update palsu Flash Media Player tersebut didownload, akan terdownload sebuah file .dmg yang juga merupakan Adware.

Virus Multi OS Yang Bisa Menyerang Lewat Facebook Messenger
Foto : Kasperksy Lab

Hal yang serupa juga berlaku bagi pengguna sistem operasi Linux, dimana penggunanya yang terserang oleh Malware ini akan dibawa ke suatu halaman khusus untuk pengguna sistem operasi Linux.

Cara Mengatasi Malware Multi OS

Saat ini penyerangnya hanya fokus untuk menginfeksi Adware ke komputer korbannya saja, sehingga dia bisa mendapatkan banyak keuntungan dari iklan-iklan tidak jelas yang ditampilkan oleh Adware tersebut.

Serangan seperti ini sebenarnya sangat mudah untuk dihindari dan dikenali bagi mereka yang cukup paham dan akrab dengan berbagai hal teknis seputar dunia komputer. Namun bagi pengguna yang awam, tentu Malware ini sangat membahayakan mereka yang memanfaatkan Social Engineering seperti ini.

Jadi harap berhati-hatilah saat kamu mendapatkan suatu pesan dari teman Facebook kamu atau siapapun itu yang mengirim link video, terutama dengan link bit.ly agar tidak terkena virus multi os yang bisa menyerang lewat Facebook Messenger. Dan pastikan juga kamu tidak menginstall apapun yang ditampilkan melalui pesan di halaman video tersebut. Jika sudah terlanjur kena Malware yang berisi Adware itu, kamu bisa baca artikel Cara Mengatasi Adware Di Browser untuk mengetahui bagaimana cara menghapus malware di komputer.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *