Sunday , September 20 2020
Home » The Lounge » Sisi Gelap Internet » Virus Komputer Yang Sempat Gemparkan Dunia

Virus Komputer Yang Sempat Gemparkan Dunia

Virus Komputer Yang Sempat Gemparkan Dunia

lebakcyber.net – Virus komputer yang sempat gemparkan dunia. Virus yang ada pada komputer bisa menjadi hal yang sangat membahayakan karena dapat mengganggu kinerja dari perangkat dan bahkan dapat mendapatkan data pribadi dari pengguna yang terkena virus.

Virus sendiri biasanya menyerang komputer atau perangkat yang tidak memiliki perlindungan. Dan cara untuk mencegah yang paling gampang adalah dengan menginstall antivirus pada perangkat yang kalian gunakan agar tidak mudah terserang virus.

Namun pada beberapa kasus tertentu, virus yang sangat canggih bisa membuat antivirus yang kalian gunakan tidak berguna. Bahkan virus yang paling berbahaya dapat memberikan kerugian yang luar biasa dalam segi bisnis.

Advertisements

Kerugian akibat virus tersebut bukan hanya sebatas rusaknya perangkat yang kalian gunakan, namun juga dapat membuat rugi perusahaan atau bahkan negara sekaligus.

Beberapa kasus dibawah ini yang sempat menghebohkan dunia karena akibat yang disebabkan oleh virus tersebut sangat besar dan juga bisa mengancam keamanan dari negara yang berhasil diretas.

Advertisements

Dan berikut ini adalah beberapa virus berbahaya yang sempat membuat dunia gempar karena dampak yang disebabkan oleh virus tersebut.

Virus Melissa

David L. Smith pada tahun 1999 sempat menciptakan sebuah virus komputer yang memanfaatkan Microsoft Word. David mengaku kalau dirinya memberikan nama virus tersebut dengan nama penari eksotis dari Florida, Melissa.

Virus Melissa tersebut mampu menyebarkan diri melalui pesan yang ada didalam email dengan menyamarkan diri sebagai sebuah file Word. Setelah diaktifkan, virus Melissa tersebut akan melakukan replikasi diri dan secara otomatis dapat mengirim ulang emiail ke 50 daftar kontak teratas yang ada di address book email.

Oleh sebab itu, virus Melissa ini sempat membuat gempar beberapa perusahaan swasta dan juga pemerintah Amerika Serikat.

Virus ILOVEYOU

Virus ILOVEYOU ini sempat membuat gempar negara Filipina pada tahun 2000 lalu. Bentuk dari virus ini sendiri adalah worm yang mana merupakan sebuah program yang mampu melakukan replikasi diri dan penyebarannya juga mirip dengan virus Melissa dengan memanfaatkan email.

Adapun file asli dari virus ILOVEYOU tersebut adalah LOVE-LETTER-FOR-YOU.TXT.vbs. Sebagai informasi tambahan, vbs sendiri adalah singkatan dari Visual Basic Scripting.

Virus ILOVEYOU ini sempat merusak 10 persen dari semua sistem komputer yang ada didunia dan membuat kerugian sebesar USD 10 miliar atau sekitar Rp. 163 triliun.

Code Red

Virus Code Red ini muncul pertama kali pada musm panas tahun 2001 dan mampu menyerang sistem operasi Windows 2000 dan juga Windows NT. Akibat yang disebabkan oleh virus ini adalah mampu membuat buffer sampai penuh yang menyebabkan memori menjadi penuh.

Code Red ini adalah virus dengan jenis worm dan ditemukan oleh eEye Digital Security yang menargetkan Microsoft IIS Web Server. Virus Code Red ini sudah meretas 1 sampai 2 juta dari 6 juta server di seluruh dunia.

SQL Slammer / Saphire

Virus SQL Slammer / Saphire ini mampu menyebar dengan cepat melalui media jaringan internet. Virus ini pertama kali muncul pada tahun 2003 lalu dan sempat membuat layanan ATM yang berada di Amerika Serikat mengalami crash.

Selain itu virus SQL Slammer / Saphire ini juga sempat mengganggu layanan dari 911 Seattle dan Continental Airlines.

Virus SQL Slammer / Saphire ini juga bisa menyebabkan terjadinya pembatalan dari beberapa penerbangan karena dapat menyebabkan error pada saat check in dan juga ticketing.

Kerugian yang diakibatkan oleh virus SQL Slammer / Saphire ini diperkirakan mencapai lebih dari USD 1 miliar atau sekitar Rp. 16 Triliun.

Ransomware WannaCry

Virus Ransomware WannaCry ini juga dikenal dengan nama WannaCrypt yang merupakan jenis software berbahaya atau malware yang dapat menyerang perangkat komputer.

Ransomware WannaCry ini mampu mengunci komputer para penggunanya dan juga melakukan enkripsi pada semua file yang ada sehingga pemiliknya tidak dapat membuka dan mengakses file yang mereka miliki.

Ransomware WannaCry ini pada tahun 2017 lalu sudah berhasil melakukan infeksi melalui jaringan internet komputer pada lebih dari 100 negara, termasuk Indonesia salah satunya.

Jadi itulah beberapa virus komputer yang beberapa waktu lalu sempat membuat gempar berbagai negara di seluruh dunia. Virus-virus tersebut memang sangat berbahaya dan bukan tanpa alasan dapat menyebabkan kerugian materi yang besar.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *