Saturday , September 26 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Upaya Google Amankan Password Pengguna

Upaya Google Amankan Password Pengguna

foto : Google

Upaya Google Amankan Password Pengguna

lebakcyber.net – Upaya Google amankan password pengguna. Direktur senior account security, identity and abuse di Google, Mark Risher mengatakan password merupakan salah satu benda paling berbahaya di internet.

Risher berpendapat bahwa password memang begitu penting sebagai cara mengamankan dan juga membantu pengguna agar bisa login pada sebuah situs atau aplikasi. Dan bahkan password juga bisa menjadi salah satu media agar dapat digunakan untuk mengamankan akun seseorang.

Oleh sebab itu pihak Google selama beberapa tahun kebelakang ini berusaha untuk semakin meningkatkan keamanan password ataupun hanya sekedar mengurangi kerusakan yang terjadi karena bocornya password yang dimiliki pengguna layanannya.

Advertisements

Dikutip dari halaman The Verge, Rabu (24/06/2020), salah satunya dengan menggunakan fitur Password Checkup yang sekarang sudah digabungkan kedalam dashboard Security Checkup dan juga terintegrasi pada semua akun Google.

Tujuan dari hal tersebut adalah agar memperingatkan kepada para pengguna Google agar tidak menggunakan password yang sama pada beberapa akun yang berbeda. Berdasarkan keterangan dari Google, sekarang ini ada sekitar 52 persen pengguna yang menggunakan password yang sama untuk beberapa akun yang berbeda.

Advertisements

Lebih parahnya lagi, ada sekitar 13 persen pengguna yang masih menggunakan password yang sama pada semua akun yang mereka miliki. Microsoft saja pada tahun 2019 lalu sempat mengatakan bahwa ada sekitar 44 juta akun Microsoft yang sudah tersebar di internet.

Menggunakan password yang sama pada semua akun memang salah satu cara yang dianggap paling mudah agar si pengguna password tersebut bisa dengan mudah mengingatknya, dan ada baiknya password yang digunakan menggunakan kombinasi angka dan juga simbol agar password menjadi semakin kuat.

Tapi sekali saja password tersebut bocor, maka password tersebtu bisa dengan mudah digunakan oleh seseorang untuk login ke akun yang juga menggunakan password yang sama, tidak peduli seberapa rumitnya password yang dibuat.

Oleh sebab itulah beberapa tahun kebelakang ini pihak Google denga sangat proaktif mengajak kepada para penggunanya agar membuat password yang lebih aman dengan menggunakan fitur Password Checkup. Dimana fitur tersebut dapat melakukan pengecekan apakah password yang digunakan tersebut pernah menjadi korban pembobolan atau pernah tersebar di internet.

Fitur Password Checkup tersebut pertama kali diluncurkan dengan bentuk sebuah ekstensi pada Google Chrome di bulan Februari 2019, selanjutnya digabungkan ke dalam Google Account pada bulan Oktober 2019 dan mulai terintegrasi pada Chrome pada bulan Desember 2019.

Google sendiri bukanlah satu-satunya perusahaan yang memiliki fitur seperti itu, tapi posisi mereka yang memiliki begitu banyak pengguna pasti akan membawa fitur keamanan tersebut ke skala yang lebih besar lagi, lebih lagi sekarang fitur tersebut sudah diintegrasikan ke Chrome dan juga Google Account.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Google Maps Bisa Tunjukan Lokasi Corona Terparah

Google Maps Bisa Tunjukan Lokasi Corona Terparah

Google Maps Bisa Tunjukan Lokasi Corona Terparah lebakcyber.net – Google Maps bisa tunjukan lokasi Corona …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *