Sunday , September 19 2021
Home » Linux » Ubuntu Tidak Bisa Simpan File di Drive Windows

Ubuntu Tidak Bisa Simpan File di Drive Windows

foto : pcconf

Ubuntu Tidak Bisa Simpan File di Drive Windows

lebakcyber.net – Ubuntu tidak bisa simpan file di Drive Windows. Saya menggunakan dua sistem operasi di satu laptop yang saya gunakan, yaitu Ubuntu 20.10 dan Windows 10.

Namun pernah ga teman-teman yang laptopnya dual boot juga ngalamin masalah gak bisa save file di drive yang di mount waktu pake Ubuntu?

Jadi ceritanya saya pernah menyimpan file diluar folder Ubuntu dan menyimpan filenya di drive yang di mount kaya drive D atau C di Windows.

Advertisements

Sedangkan sistem operasi Ubuntu sendiri membuat nama folder sesuai dengan nama username yang kita gunakan. Secara default, kita hanya bisa menyimpan file didalam folder tersebut.

Kalau teman-teman yang menggunakan sistem operasi Ubuntu dan menyimpan file pekerjaan diluar folder yang sudah ditentukan, maka hasil pekerjaan teman-teman akan hilang dan file yang sedang kita kerjakan tidak akan bisa disimpan di drive D atapun C Windows yang sudah dimount.

Advertisements

Oke jadi kalau teman-teman tidak bisa menyimpan file pada sistem operasi Ubuntu ke drive windows yang sudah di mount, yang perlu dilakukan hanyalah mendisable fitur hibernasi yang ada pada sistem operasi Windows 10. Teman-teman bisa memperbaikinya melalui fitur PowerShell.

Oke jadi langkahnya silahkam masuk sistem operasi Windows 10 teman-teman lalu jalankan fitur PowerShell sebagai administrator seperti gambar dibawah ini :

Ubuntu Tidak Bisa Simpan File di Drive Windows

Lalu ketikan perintah powercfg -h off lalu tekan tombol enter :

powercfg -h off

Langkah terakhir tinggal lakukan restart dan login pada sistem operasi Ubuntu yang teman-teman gunakan lalu coba simpan file pada drive yang sudah di mount seperti misalnya drive C atau D.

Oke jadi itulah solusi bagaimana mengatasi tidak bisa menyimpan di sistem operasi Ubuntu pada drive windows yang sudah kita mount.

Semoga tutorial sederhana ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan informasi mengenai dunia IT dan juga tips dan trik internet lainnya. Sampai jumpa.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Cara Upgrade Ubuntu 20.10 ke Ubuntu 21.04

Cara Upgrade Ubuntu 20.10 ke Ubuntu 21.04

Cara Upgrade Ubuntu 20.10 ke Ubuntu 21.04 lebakcyber.net – Cara upgrade Ubuntu 20.10 ke Ubuntu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *