Tuesday , March 26 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Twitter dan Facebook Perketat Iklan Berbau Politik

Twitter dan Facebook Perketat Iklan Berbau Politik

foto : africa cable network

Twitter dan Facebook Perketat Iklan Berbau Politik

lebakcyber.net – Twitter dan Facebook Perketat Iklan Berbau Politik. Jejaring sosial Twitter dan juga Facebook merencakan untuk memperketat aturan iklan politik pada kedua jejaring sosial tersebut. Perubahan aturan tersebut dilakukan untuk menjaga transparansi kampanye politik.

Facebook sendiri mengungkapkan bahwa mereka akan memebri tanda khusus untuk iklan-iklan yang memiliki unsur politik yang dipublikasi. Tanda tersebut akan berupa label “berbayar” dan juga sebuah tombol yang akan merujuk pada halaman informasi mengenai iklan tersebut.

Dikutip dari halaman The New York Times, pada halaman itu nantinya akan dapat digunakan oleh pengguna untuk melihat secara detail data diri orang yang mengiklankan postingan tersebut. Dan juga pengguna bisa melihat berapa biaya iklan serta demografis dari orang-orang yang melihat iklan tersebut.

Selain itu pihak Facebook juga berjanji untuk menyimpan semua arsip untuk jangka waktu tujuh tahun kedepan. Hal tersebut berguna untuk menyimpan catatan penting mengenai rekam jejak politikus dalam menggelontorkan dananya untuk iklan.

Hampir sama dengan Facebook, Twitter juga mengatakan bahwa pihak mereka sudah merancang beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk akun-akun politik yang ingin beriklan di jejaring sosial.

Dalam postingan iklan yang memiliki unsur politik yang dipublikasi, Twitter juga akan menyematkan tanda khusus agar para pengguna bisa mengetahui bahwa iklan tersebut berbau politis. Selain itu, akun yang digunakan wajib memiliki data diri yang lengkap dan juga jelas serta menyertakan halaman resmi mengenai organisasi politik yang di iklankan.

Vijaya Gadde selaku tim kebijakan hukum Twitter mengatakan “Kami memiliki komitmen untuk menegakkan kebijakan yang lebih ketat kepada para pengiklan politik. Dan juga memberikan penjelasan yang jelas untuk semua iklan yang ada di Twitter. Saat orang mencari berita dan juga informasi mereka beralih ke Twitter untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi di dunia saat ini”.

Kebijakan yang sedang digarap oleh dua jejaring sosial tersebut diharapkan akan berlaku mulai akhir bulan Mei 2018 ini.

Beberapa waktu yang lalu, Facebook Indonesia juga menyatakan hal yang sama. Mendekati tahun politik 2019 mendatang, Facebook akan memperketat aturan iklan politik dengan memberi label khusus sebagai pembeda.

Tapi sayangnya, sebelum aturan tersebut berlaku, Facebook Indonesia harus mengatakan bahwa iklan politik masih diperlakukan sama seperti halnya iklan-iklan lain yang ada di Facebook pada umumnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *