Wednesday , December 13 2017
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Twitter Akan Cabut Centang Biru Akun Yang Provokatif

Twitter Akan Cabut Centang Biru Akun Yang Provokatif

Foto : Twitter

Twitter Akan Cabut Centang Biru Akun Yang Provokatif

lebakcyber.net – Saat ini beredar kabar bahwa Twitter akan cabut centang biru akun yang provokatif. Twitter akan segera menghapus lencana verifikasi bagi akun yang tidak mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh Twitter.

Kebijakan tersebut diambil guna mengurangi jumlah akun yang seringa menyebarkan kebencian, kekerasan dan juga pelecehan. Kebijakan tersebut mulai dilakukan Twitter sejak hari Rabu (15-11-2017) lalu.

Seperti dikutip dari halaman The Verge, beberapa tokoh ternama sudah dicabut centang birunya oleh pihak twitter karena dianggap terlalu provokatif, seperti misalnya akun milik nasionalis kulit putih Amerika Serikat, Richard Spencer dan Jason Kessler, dan juga aktivis politik Amerika Serika kontroversial, yaitu Laura Loomer.

Sebelumnya juga pihak Twitter sempat mendapatkan kritik karena memberikan verifikasi centang biru kepada akun konvtoversial di Amerika Serikat, Keseler. Bukan hanya dari netizen, Twitter juga mendapatkan banyak kritik dari komedian asal Amerika Serikat, Michael Ian Black.

Black bahkan menuliskan cuitan di akun Twitter miliknya, “Verifikasi (kepada pendukung) supremasi kulit putih memperkuat keyakinan bahwa situs Anda adalah platform untuk menyebar kebencian. Saya tidak ingin berhenti menggunakan Twitter, tapi sepertinya saya harus.”

Pihak Twitter sendiri sudah mengeluarkan konfirmasi bahwa tanda verifikasi centang biru merupakan tanda pengesahan resmi dari Twitter, centang biru tersebut bukan berarti Twitter memberikan dukungan terhadap apa yang dilakukan oleh pemilik akun. Dengan adanya verifikasi centang biru tersebut, pengguna jadi bisa mengetahui keaslian akun dan juga reputasi dari akun tersebut.

Namun sampai saat ini belum diketahui dengan pasti bagaimana mekanisme mengenai seseorang dapat mengajukan dan mendapatkan centang biru tersebut, sehingga pihak Twitter harus menangguhkan layanan ini pekan lalu untuk bisa ditinjau ulang.

Pihak Twitter juga sempat mengeluarkan cuitan mengenai hal tersebut melalui akun resminya, “Kami sedang mengerjakan program otentikasi dan verifikasi baru. Sementara itu, kami tidak menerima permintaan publik untuk verifikasi, dan kami juga memperkenalkan panduan baru untuk program ini.”

Jadi kalau akun Twitter kamu sudah mendapatkan verifikasi centang biru dari Twitter sebaiknya lebih berhati-hati lagi kalau ingin mengeluarkan cuitan yang berisi kontroversi dan juga hasutan, karena sekarang bisa saja centang biru yang kamu miliki akan dihapus oleh pihak Twitter.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net

Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *