Tuesday , June 2 2020
Home » Python » Tutorial Python – Penulisan Syntax di Python

Tutorial Python – Penulisan Syntax di Python

Tutorial Python – Penulisan Syntax di Python

lebakcyber.net – Tutorial Python – Penulisan syntax di Python. Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang bagaimana cara penulisan syntax di python. Pada tutorial ini ada beberapa hal yang akan kita bahas, yaitu :

  • Cara Penulisan Komentar di Python
  • Cara Penulisan Statement di Python
  • Cara Penulisan String di Python
  • Aturan Penulisan Case di Python
  • Cara Penulisan Blok Program di Python

Oke sekarang kita langsung saja masuk ke pembahasan mengenai penulisan syntax pada bahasa pemrograman Python tersebut.

1. Cara Penulisan Komentar di Python

Komentar adalah sebuah baris kode yang tidak akan dieksekusi oleh program python. Komentar sendiri biasanya digunakan untuk memberikan informasi tambahan didalam kode yang ditulis atau bisa juga digunakan untuk menonaktifkan kode yang tidak dibutuhkan lagi agar tidak dieksekusi saat dijalankan.

Advertisements

Untuk penulisan komentar pada Python biasanya diawali dengan tanda pagar (#) atau bisa juga dengan menggunakan tanda petik satu (‘…’) ataupun tanda petik dua (“…”).

Contoh Komentar Dengan Tanda Pagar (#)

Memberikan komentar dengan menggunakan tanda pagar merupakan cara yang paling sering digunakan oleh para programmer python dalam memberikan komentar. Contoh memberikan komentar pada program python seperti pada perintah dibawah ini :

Advertisements
#Ini adalah contoh komentar dengan tanda pagar (#)
#ini juga masih baris dari komentar

Contoh Komentar Dengan Tanda Petik

Cara selanjutnya untuk memberikan komentar adalah dengan menggunakan tanda petik, baik itu tanda petik satu (‘…’) ataupun petik dua (“…”). Sebenarnya cara ini jarang digunakan, tapi sebenarnya pemberian komentar dengan menggunakan tanda petik tersebut juga bisa digunakan. Contoh perintah memberikan komentar dengan tanda petik seperti dibawah ini :

"Ini adalah contoh komtentar dengan tanda petik dua"
'Ini adalah contoh komentar dengan tanda petik satu'

2. Cara Penulisan Statement di Python

Cara penulisan syntax di Python yang kedua adalah penulisan statement. Statement sendiri merupakan sebuah kalimat perintah atau instruksi yang nantinya akan di jalankan oleh program python yang kita buat. Contoh penulisan statement di python adalah seperti contoh dibawah ini :

print ("Hallo kawan")
print ("Selamat datang di tutorial belajar python dasar")
print ("Di situs lebak cyber")

Penulisan statement diatas setiap barisnya tidak diakhiri dengan titik koma. Tapi kalau kalian ingin menuliskan beberapa statement pada satu baris yang sama, maka setiap statementnya harus dipisahkan dengan tanda titik koma (;).

Penulisan beberapa statement di satu baris yang sama pada python sebenarnya sangat tidak anjurkan, karena penulisan kode program menjadi sulit untuk dibaca dan pada saat ditemukan error, kita akan kesulitan statement yang mana yang menyebabkan error karena pada satu baris yang error tersebut ada beberapa statement didalamnya.

Dan berikut ini adalah cara penulisan statement yang berisi lebih dari satu statement pada baris yang sama.

print ("Hallo kawan");print ("Selamat datang di tutorial belajar python dasar")
print ("Di situs lebak cyber")

3. Cara Penulisan String di Python

String merupakan kumpulan dari beberapa karakter ataupun teks. Pada pemrograman python, penulisan string biasanya ditulis dengan cara diapit oleh tanda petik, baik itu petik satu (‘…’) ataupun petik dua (“…”).

Dan berikut ini adalah contoh bagaimana cara penulisan string di Python :

nama = ("Lebak Cyber") #penulisan string dengan dua tanda kutip

situs = ('lebakcyber.net') #penulisan string dengan satu tanda kutip

4. Aturan Penulisan Case di Python

Pada bahasa pemrograman python, penulisan syntax untuk variabel biasanya bersifat case sensitive, contohnya penulisan variabel nama dengan penulisan variabel Nama akan dibedakan oleh python saat program dijalankan.

Contoh case sensitive pada penulisan variabel di python seperti berikut ini :

nama = ("lebakcyber")

Nama = ("lebakcyber.net")

print(nama)

print(Nama)

Saat perintah tersebut dijalankan, maka nilai variabel yang ditampilkan juga akan berbeda, contoh hasilnya seperti dibawah ini :

lebakcyber
lebakcyber.net

Bisa dilihat, walaupun memiliki nama variabel yang sama, namun penulisan variabel yang pertama menggunakan awalan huruf kecil dan variabel kedua menggunakan awalan huruf besar dan saat perintah tersebut dijalankan, hasil outputnya juga berbeda karena penulisan variabel di python bersifat case sensitive.

5. Cara Penulisan Blok Program di Python

Yang terakhir adalah cara penulisan blok program di python. Blok program sendiri merupakan sekumpulan dari beberapa statement yang digabungkan menjadi satu blok perintah.

Penulisan blok program pada python ada baiknya ditambahkan indentasi, misalnya dengan menambahkan tombol tab atau 2 kali spasi. Berikut ini adalah contoh penulisan blok program yang baik di python.

#Contoh Penulisan Blok Program Yang Baik

if nama == "lebak cyber":

    print("selamat datang lebakcyber")

    print("senang melihat anda kembali")
    
#Contoh Penulisan Blok Program Yang Kurang Baik

if nama == "lebak cyber":

print("selamat datang lebakcyber")

print("senang melihat anda kembali")

Penulisan blok program sendiri biasanya digunakan pada saat membuat perulangan, percabangan, fungsi, class, exception atau with.

Oke jadi sampai disini kita sudah mempelajari tentang bagaimana penulisan syntax di python yang baik, penulisan syntax yang baik dapat memudahkan kita ataupun orang lain dalam membaca perintah python yang kita buat dan juga jika saat perintah dijalankan terdapat error, kita akan menjadi lebih mudah menemukan dimana letak kesalahan yang menyebabkan error tersebut.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Tutorial Python - Perulangan Pada Python

Tutorial Python – Perulangan Pada Python

Tutorial Python – Perulangan Pada Python lebakcyber.net – Tutorial Python – Perulangan pada python. Secara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *