Monday , September 21 2020
Home » Python » Tutorial Python – Cara Instalasi Python

Tutorial Python – Cara Instalasi Python

Tutorial Python – Cara Instalasi Python

lebakcyber.net – Tutorial Python – Cara Instalasi Python. Jadi pada tutorial kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara melakukan instalasi Python, dan kebetulan pada tutorial ini saya menggunakan sistem operasi Windows 10. Jadi kita akan mencoba untuk menginstall Python pada sistem operasi Windows 10.

Bagi kalian pengguna sistem operasi Linux ataupun MacOS, biasanya secara default Python sudah terinstall didalamnya, tapi bagi kalian pengguna sistem operasi Windows, kalian harus melakukan instalasi python tersebut secara mandiri.

Adapun software yang akan kita butuhkan untuk melakukan proses instalasi Python ini adalah Python versi 3.8.2 (karena pada saat tutorial ini ditulis, versi terbaru dari Python adalah versi 3.8.2) dan juga PyCharm yang nantinya akan kita gunakan sebagai IDE atau Integrated Development Environment yang akan kita gunakan untuk menuliskan perintah-perintah Python pada tutorial belajar python selanjutnya.

Advertisements

Dan berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan proses instalasi python pada sistem operasi Windows 10.

Download dan Install Python 3.8.2

  • Silahkan kunjungi situs python.org lalu pilih menu Downloads. Pada menu download tersebut nantinya akan ada pilihan untuk sistem operasi yang kalian gunakan. Karena disini saya menggunakan sistem operasi Windows, jadi saya pilih menu Windows.

  • Setelah python 3.8.2 sudah berhasil didownload, langkah selanjutnya adalah install software python yang sudah di download tersebut. Nanti akan keluar tampilan seperti pada gambar dibawah ini.

Tutorial Python - Cara Instalasi Python

  • Jangan lupa untuk ceklist pada bagian Add Python 3.8 to PATH agar sistem operasi Windows dapat membaca Python secara otomatis seperti pada gambar diatas, setelah itu tinggal klik pilihan Install Now dan tunggu sampai proses instalasi selesai.

Tutorial Python - Cara Instalasi Python

  • Setelah proses instalasi selesai, akan muncul windows yang memunculkan informasi bahwa python sudah berhasil diinstall. Dan pada windows tersebut jangan lupa untuk memilih Disable path length limit agar bisa mem bypass batas 260 karakter pada program python yang nanti akan kita buat.  Dan sampai sini kita sudah bisa membuat program dengan menggunakan python.

Download dan Install PyCharm

Sebenarnya saat proses instalasi python tadi selesai kita sudah dapat membuat program dengan menggunakan IDLE bawaan python, tapi saya pribadi lebih suka jika menggunakan PyCharm yang dapat digunakan sebagai IDE (Integrated Development Environment) yang nantinya akan kita gunakan sebagai IDE untuk menuliskan program yang akan dibuat.

Advertisements

  • Selanjutnya silahkan pilih menu download untuk mendownload PyCharm.

  • Pada menu download tersebut ada pilihan sistem operasi yang digunakan, karena sistem operasi yang saya gunakan adalah Windows, maka saya pilih PyCharm yang untuk Windows. Selain itu ada juga pilihan PyCharm versi Profesional yang berbayar dan ada juga yang versi Community yang merupakan versi gratis dari PyCharm. Jadi langsung saja kita pilih Community dan klik tombol download untuk melakukan proses download PyCharm.
  • Setelah PyCharm berhasil didownload, lakukan instalasi pada PyCharm tersebut.

  • Selanjutnya klik tombol Next untuk melanjutkan proses instalasi PyCharm.
  • Pilih destinasi folder dimana proses instalasi aplikasi PyCharm tersebut akan disimpan :

  • Tekan tombol Next lalu pada jendela Installation Options ceklist semua pilihan yang ada lalu lanjutkan dengan menekan tombol Next lagi:

  • Nanti akan muncul jendela choose Start Menu Folder, disini kita tinggal klik tombol Install saja untuk memulai proses instalasi PyCharm.

Tutorial Python - Cara Instalasi Python

  • Tunggu sampai proses instalasi PyCharm selesai, jika sudah maka PyCharm sudah dapat digunakan sebagai IDE untuk menuliskan program python.

Tutorial Python - Cara Instalasi Python

  • Jika proses instalasi sudah selesai, silahkan buka aplikasi PyCharm dan kita sudah siap untuk menuliskan program python dengan menggunakan IDE PyCharm tersebut.

Tutorial Python - Cara Instalasi Python

Oke jadi sampai disini kita sudah berhasil melakukan instalasi Python 3.8.2 dan juga IDE PyCharm yang akan kita gunakan sebagai IDE untuk menuliskan program python. Jadi jangan lupa untuk terus berkunjung ke website lebakcyber.net ini ya untuk mendapatkan tutorial belajar python selanjutnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Tutorial Python - Perulangan Pada Python

Tutorial Python – Perulangan Pada Python

Tutorial Python – Perulangan Pada Python lebakcyber.net – Tutorial Python – Perulangan pada python. Secara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *