Sunday , September 24 2017
Home / PostgreSQL / Tutorial Belajar PostgreSQL Update

Tutorial Belajar PostgreSQL Update

Tutorial Belajar PostgreSQL Update

Tutorial Belajar PostgreSQL Update – Pada tutorial belajar PostgreSQL kali ini kita akan mempelajari tentang bagaimana cara melakukan proses update pada tabel yang ada didalam database postgresql.

Untuk mengganti nilai kolom dari suatu tabel yang ada di database postgresql kamu harus menggunakan perintah Update. Berikut ini adalah sintax penulisan dari perintah update di database postgresql :

UPDATE nama_tabel
SET kolom1 = nilai_kolom1,
Kolom2 = nilai kolom2,…
WHERE kondisi;

Jadi, pertama kamu harus memilih nama tabel yang ingin kamu ubah datanya dengan menggunakan perintah Update. Selanjutnya pilih kolom mana yang ingin kamu ubah dengan menggunakan perintah SET.

Kalau kamu ingin merubah lebih dari satu kolom, maka tambahkan koma (,) didalamnya. Lalu pilih baris mana yang ingin kamu ubah datanya dengan menggunakan perintah WHERE, jika kamu tidak menambahkan perintah where, maka semua baris akan dirubah datanya tanpa terkecuali.

Contoh Perintah Update Di PostgreSQL

Kita akan menggunakan tabel siswa yang pada tutorial belajar postgresql insert telah dibuat tabelnya sebagai contoh tabel yang akan kita gunakan untuk melakukan proses update data.
Perhatikan dulu data yang ada ditabel siswa dengan perintah berikut :

Select * from siswa;

Tutorial Belajar PostgreSQL Update

Misalnya sekarang kita ingin merubah nama siswa Firdan Ardiansyah yang memiliki nik 12345678 menjadi Kurt Cobain, maka perintah untuk melakukan update data di postgresqlnya adalah seperti berikut ini :

update siswa set nama = 'Kurt Cobain'
Where nik = '12345678'; 

Sekarang coba kita cek lagi tabel siswa tersebut, apakah benar siswa dengan nik 12345678 yang sebelumnya bernama Firdan Ardiansyah sudah berubah menjadi Kurt Cobain dengan perintah sebagai berikut :

Select * from siswa;

Tutorial Belajar PostgreSQL Update

Yup siswa dengan nik 12345678 yang sebelumnya bernama Firdan Ardiansyah kini sudah berubah menjadi Kurt Cobain.

Jadi seperti itulah bagaimana cara melakukan proses update tabel di database postgresql. Semoga tutorial belajar postgresql update ini dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mempelajari database postgresql.

Jangan lupa untuk terus berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial belajar postgresql lainnya ya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *