Monday , November 20 2017
Home / PostgreSQL / Tutorial Belajar PostgreSQL – Subquery

Tutorial Belajar PostgreSQL – Subquery

Tutorial Belajar PostgreSQL – Subquery

Tutorial Belajar PostgreSQL – Subquery – Pada kesempatan tutorial belajar postgresql kali ini kita akan mempelajari tentang bagaimana cara melakukan proses pencarian data dengan menggunakan subquery.
Misalnya kita ingin mencari data film yang rating rentalnya lebih besari dari rating rata-rata dari semua film yang ada didalam tabel film. Untuk mencarinya, kita bisa menggunakan dua cara :

 

  1. Tampilkan nilai rating rata-rata dengan menggunakan perintah select dan fungsi average (avg)
  2. Gunakan hasil pencarian dari cara diatas untuk mencari data film yang ratingnya diatas rata rata.

 

Query di PostgreSQL untuk menampilkan rating rental rata-rata adalah seperti berikut ini :

SELECT
Avg(rental_rate)
FROM
Film;

 

Nanti kita akan mendapatkan hasil rata rata dari nilai yang ada di field rental_rate pada tabel film seperti pada gambar berikut ini :

Tutorial Belajar PostgreSQL – Subquery

 
Pada gambar diatas, nilai rata rata untuk rating film pada field rental_rate adalah 2.98. Sekarang kita bisa mendapatkan daftar film yang memiliki nilai rental_rate diatas rata rata dengan menggunakan perintah berikut ini :

Select
Film_id, title, rental_rate
From
Film
Where
rental_rate > 2.98;

Tutorial Belajar PostgreSQL – Subquery

Oke sekarang kita sudah memiliki daftar film yang nilai rental_ratenya berada diatas nilai rata rata dari keseluruhan film yang ada.

Penggunaan SubQuery Di PostgreSQL

Namun query untuk melakukan proses pencarian seperti cara diatas sebenarnya dapat kita persingkat dengan menggunakan perintah subquery.

Subquery adalah query yang berada didalam query lainnya seperti misalnya select, insert, delete dan update. Pada tutorial kali ini kita akan menggunakan contoh select untuk melakukan proses pencarian data dengan menggunakan subquery di postgresql.

Misalnya kita ingin mencari data yang sama seperti contoh diatas yaitu menampilkan daftar film yang memiliki rental_rate diatas rata rata pada keseluruhan film. Kalau pada contoh sebelumnya kita menggunakan dua langkah atau dua query, dengan menggunakan subquery kita bisa mencarinya hanya dengan satu query saja. Contohnya seperti berikut ini :

 

Select film_id, title, rental_rate
From film
Where rental_rate > (
Select avg(rental_rate)
From film);

Tutorial Belajar PostgreSQL – Subquery

Lihat, data yang ditampilkan dengan menggunakan subquery sama bukan dengan data yang ditampilkan tanpa menggunakan perintah subquery. Jadi subquery lebih mempermudah dan mempersingkat query yang kamu buat untuk mencari data tertentu.

Itulah contoh bagaimana menggunakan perintah subquery di database postgresql. Semoga tutorial ini dapat membantu kalian semua yang sedang memepelajari database postgresql. Sampai jumpa di tutorial belajar postgresql lainnya dan jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net

Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *