Thursday , June 27 2019
Home / PostgreSQL / Tutorial Belajar PostgreSQL Operator Like
Tutorial Belajar PostgreSQL Operatot Like

Tutorial Belajar PostgreSQL Operator Like

Tutorial Belajar PostgreSQL Operator Like

Tutorial Belajar PostgreSQL Operator Like – Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari tentang bagaimana cara menggunakan operator like di database postgresql.

Misalnya kamu mendapatkan tugas dari atasan untuk mencari data pelanggan, namun sayangnya pelanggan tersebut lupa atau tidak ingat dengan pasti nama awal yang dia gunakan, yang dia ingat hanya nama awalnya mengandung kata jen.

Bagaimana cara kamu menemukan data yang nama awalnya mengandung kalikmat jen diantara ratusan atau ribuan data yang ada? Disinilah kita bisa memanfaatkan operator Like untuk mencari data yang mengandung suatu kata tertentu.

 

Contoh Penggunaan Operator Like Di PostgreSQL

Oke misalnya kita ingin mencari nama pelanggan yang nama awalnya mengandung kalimat Jen, maka perintah yang dimasukan pada query postgresqlnya adalah seperti berikut ini :


SELECT first_name, last_name

FROM customer

WHERE

first_name LIKE 'Jen%'; 

Nanti data yang mengandung huruf awal Jen di nama awalnya akan ditampilkan seperti pada gambar berikut ini :

Tutorial Belajar PostgreSQL Operator Like

Selain itu, kamu juga bisa menyematkan tanda persen (%) diantara karakter yang ingin dicari, misalnya kamu ingin mencari data pelanggan yang nama awalnya mengandung kata ‘ar’, maka perintah query postgresqlnya adalah seperti berikut ini :


SELECT first_name, last_name

FROM customer

WHERE

first_name LIKE ‘%ar%';

Oke semua data pelanggan yang nama awalnya memiliki kata ‘ar’ berhasil ditampilkan.

Tutorial Belajar PostgreSQL Operator Like

Contoh Operator Penggunaan Not Like

Jika sebelumnya kita sudah berhasil mencari data pada postgresql yang mengandung kata Jen, sekarang kita akan mencoba query postgresql yang akan menampilkan data yang tidak mengandung kata Jen dengan menggunakan operator NOT LIKE.


SELECT

first_name,

last_name

FROM

customer

WHERE

first_name NOT LIKE 'Jen%';

Tutorial Belajar PostgreSQL Operator Like

Berdasarkan gambar diatas, postgresql akan menampilkan data yang tidak mengandung kata Jen didalamnya, karena operator postgresql yang digunakan adalah operator NOT LIKE.

Jadi disini kita bisa mengambil kesimpulan, untuk mencari data yang mengandung suatu kalimat atau kata tertentu maka digunakan perintah LIKE, sedangkan untuk mencari data yang tidak mengandung kalimat tertentu digunakan perintah NOT LIKE.

Oke itulah akhir pembahasan kita mengenai operator LIKE di postgresql, jangan lupa untuk terus berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial belajar postgresql lainnya ya.

 

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *