Monday , July 22 2019
Home / PostgreSQL / Tutorial Belajar PostgreSQL Inner Join
tutorial belajar postgresql inner join

Tutorial Belajar PostgreSQL Inner Join

Tutorial Belajar PostgreSQL Inner Join

Tutorial Belajar PostgreSQL Inner Join – Pada tutorial kali ini kita akan mempelajari tentang bagaimana cara penggunaan perintah inner join di database postgresql.

Sejauh ini kita sudah mempelajari tentang berbagai cara bagaimana menggunakan perintah select di postgresql, memilih kolom dan baris dari suatu tabel dan bagaimana cara menyortir data berdasarkan perintah tertentu. Sekarang saatnya kita membahas mengenai inner join, dimana perintah inner join ini merupakan salah satu konsep penting dalam mempelajari database.

Ada beberapa jenis untuk melakukan join tabel (penggabungan dari beberapa tabel) seperti Inner Join, Outer Join dan Self-Join. Pada tutorial kali ini kita akan memfokuskan pada pembahasan Inner Join saja.

Misalnya kita ingin menampilkan data dari dua buah tabel yang berbeda dan ingin ditampilkan data dari kedua buah tabel tersebut menjadi sebuah kesatuan yang utuh, maka perintah inner join inilah yang akan kita gunakan.

Terkadang dua buah tabel memiliki nama field yang sama, misalnya tabel A memiliki nama kolom yang sama dengan kolom yang ada di tabel B. Untuk menghindari kebingungan, kita bisa mendefinisikan proses pencarian berdasarkan nama kolom yang sama pada dua tabel yang berbeda itu dengan nama_tabel.nama_kolom. Atau jika nama suatu tabel begitu panjang, kamu bisa menyingkatnya dengan tbl jadi bentuk penulisannya menjadi tbl.nama_kolom.

Contoh Penggunaan Inner Join di PostgreSQL

Misalnya kita ingin menampilkan data berdasarkan dua tabel yang berbeda, yaitu tabel customer dan tabel payment. Setiap customer mungkin memiliki payment yang nilainya nol. Kamu bisa menggunakan perintah Inner Join untuk menggabungkan tabel costumer ke tabel payment, perintah di postgresqlnya adalah seperti berikut ini :

 SELECT
customer.customer_id, first_name, last_name,
email, amount, payment_date
FROM customer
INNER JOIN
payment ON payment.customer_id = customer.customer_id;

Pada perintah diatas kita mencoba menampilkan data customer_id, first_name, last_name, email, amount, payment_date dari tabel customer dan juga tabel payment, nanti data yang ditampilkan akan seperti pada gambar berikut ini :

tutorial belajar postgresql inner join

Selain itu kamu juga bisa mengurutkan data yang ditampilkan, misalnya kita ingin menampilkan data yang telah di lakukan inner join menjadi berdasarkan customer_id, maka perintah postgresqlnya adalah seperti berikut ini :

 SELECT
customer.customer_id, first_name, last_name,
email, amount, payment_date
FROM customer
INNER JOIN payment ON payment.customer_id = customer.customer_id
ORDER BY customer.customer_id;

Nanti data yang ditampilkan akan diurutkan berdasarkan customer_id yang paling kecil, contohnya seperti pada gambar berikut ini :

tutorial belajar postgresql inner join

Selain itu kamu juga bisa menambahkan perintah where pada inner join untuk memfiler customer dengan id apa yang ingin ditampilkan, perintahnya seperti berikut ini :

 SELECT

customer.customer_id, first_name,
last_name, email,
amount, payment_date
FROM customer
INNER JOIN payment ON payment.customer_id = customer.customer_id
WHERE
customer.customer_id = 23;

Nanti data yang ditampilkan hanya customer yang memiliki id = 23 seperti pada gambar dibawah ini :

tutorial belajar postgresql inner join

Inner Join Dengan Tiga Buah Tabel Yang Berbeda

Kali ini kita akan mencoba melakukan proses inner join dengan menggabungkan tiga buah tabel yang berbeda untuk menghasilkan suatu data. Misalnya kita ingin menggabungkan tabel staff, payment dan juga customer untuk menampilkan data customer_id, nama awal dan akhir customer, email customer dan juga nama awal dan nama akhir dari staff. Maka perintah postgresqlnya adalah seperti berikut ini :

 SELECT
customer.customer_id,
customer.first_name customer_first_name,
customer.last_name customer_last_name,
customer.email,
staff.first_name staff_first_name,
staff.last_name staff_last_name,
amount,
payment_date
FROM
customer
INNER JOIN payment ON payment.customer_id = customer.customer_id
INNER JOIN staff ON payment.staff_id = staff.staff_id;

Nanti data yang ditampilkan akan tampak seperti pada gambar berikut ini :

tutorial belajar postgresql inner join

Oke itulah akhir dari pembahasan kita mengenai inner join di postgresql, jadi dengan menggunakan inner join kamu bisa menggabungkan beberapa tabel sekaligus untuk menampilkan sebuah data. Jangan lupa untuk terus berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial belajar postgresql lainnya ya.

 

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *