Saturday , November 18 2017
Home / PostgreSQL / Tutorial Belajar PostgreSQL Delete
Tutorial Belajar PostgreSQL Delete

Tutorial Belajar PostgreSQL Delete

Tutorial Belajar PostgreSQL Delete

Tutorial Belajar PostgreSQL Delete – Pada tutorial belajar postgresql kali ini kita akan mempelajari tentang bagaimana cara menghapus data yang ada didalam tabel database postgresql.

Untuk melakukan proses delete data didalam tabel postgresql maka digunakan perintah DELETE seperti pada contoh berikut ini :

DELETE FROM nama_tabel
WHERE kondisi;

Pertama tentukan dulu tabel mana yang datanya ingin kamu hapus. Selanjutnya tentukan baris yang ingin dihapus dengan menggunakan perintah WHERE. Ingat, jika kamu tidak menggunakan perintah WHERE maka semua data yang ada didalam tabel akan terhapus semua.

Contoh Perintah Delete Di PostgreSQL

Kita akan menggunakan tabel siswa untuk sebagai contoh tabel yang salah satu datanya akan kita hapus, jadi lihat dulu ada data apa saja didalam tabel siswa tersebut dengan perintah sebagai berikut :

Select * from siswa;

Tutorial Belajar PostgreSQL Delete

Oke sekarang kita bisa lihat didalam tabel siswa tersebut ada 4 buah data, sekarang misalnya kita ingin menghapus salah satu data tersebut. Misalnya kita ingin menghapus siswa dengan nama Kurt Cobain yang memiliki nik 12345678, maka perintah delete di postgresql adalah seperti berikut ini :

delete from siswa
where nik = '12345678';

Sekarang coba tampilkan kembali data pada tabel siswa tersebut dengan perintah :

Select * from siswa;

Oke berdasarkan data diatas kita bisa lihat bahwa siswa dengan nama Kurt Cobain yang memiliki nik 12345678 sudah tidak ada didalam tabel. Itu artinya siswa dengan nama Kurt Cobain sudah berhasil dihapus dari tabel siswa.

Jangan lupa sebelum melakukan proses DELETE di postgresql untuk selalu menyertakan perintah WHERE diikuti dengan kondisi yang diinginkan, Karena kalau tidak semua data yang ada didalam tabel yang ingin dihapus akan terhapus semua.

Sekarang misalnya kamu ingin menghapus data didalam tabel siswa namun kamu tidak menyertakan perintah where, maka semua data didalam tabel siswa tersebut akan terhapus seperti pada contoh berikut ini :

delete from siswa;

Selanjutnya tampilkan semua data yang ada didalam tabel siswa tersebut :

Select * from siswa;

Tutorial Belajar PostgreSQL Delete

Bisa kamu lihat semua data yang ada didalam tabel siswa sudah terhapus. Jadi hati hati saat melakukan perintah delete di postgresql dan ingat untuk selalu menyertakan perintah where diikuti dengan kondisinya jika tidak ingin semua data yang ada didalam terhapus semua.

Seperti itulah bagaimana cara melakukan proses delete di postgresql, jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial belajar postgresql lainnya ya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net

Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *