Sunday , September 24 2017
Home / PHP / Tutorial Belajar PHP : Tipe Data String

Tutorial Belajar PHP : Tipe Data String

Tutorial Belajar PHP : Tipe Data String

Tutorial Belajar PHP : Tipe Data String – Tipe Data String adalah suatu tipe data yang berisi karakter atau teks, seperti huruf, kata ataupun kalimat.  Untuk memberikan tipe data string di PHP diperlukan tanda kutip pada nilai stringnya, misalnya kamu memiliki sebuah variable nama dan ingin memberikan variable nama tersebut sebuah nilai, maka contoh penulisan tipe data stringnya adalah seperti berikut :

<?php

$nama = “lebakcyber.com”;

Echo $nama;

?>

Selain menggunakan tanda kutip, pemberian nilai string juga bisa dengan single quote (kutip satu). Untuk contohnya silahkan lihat coding php berikut ini :

<?php

$nama = "lebakcyber.com";

echo $nama;

echo "<br>";

$nama2 = 'firdan ardiansyah';

echo $nama2;

?>

Pada contoh diatas saya menggunakan tag <br> untuk membuat baris baru untuk memisahkan nilai dari variable nama dan variable nama2. Sekarang bagaimana jika kita ingin menggabungkan kedua buah variable tersebut menjadi satu baris saja?

Untuk menggabungkan dua buah variable string tersebut kita tinggal menambahkan ‘.’ (titik tanpa tanda petik) diantara kedua variable tersebut. Contohnya seperti berikut ini :

<?php

$nama = "lebakcyber.com";

$nama2 = 'firdan ardiansyah';

echo $nama . $nama2;

?>

Pada contoh diatas pada saat nilai variable nama dan nama2 ditampilkan digabung menjadi satu, sekarang bagaimana jika kita ingin menambahkan spasi saat kedua variable tersebut ditampilkan? Gak terlalu sulit kok, tinggal tambahkan tanda kutip dengan spasi didalamnya yang ada diantara dua buah variable tersebut pada saat ditampilkan, contohnya seperti berikut ini :

<?php

$nama = "lebakcyber.com";

$nama2 = 'firdan ardiansyah';

&nbsp;

echo $nama . " " . $nama2;

?>

Nah nilai variable nama dan nama2 pada saat ditampilkan sekarang sudah memiliki spasi diantara kedua variable tersebut.

Oke jadi intinya tipe data string adalah tipe data yang digunakan untuk menampung nilai teks, huruf atau suatu kalimat. Dan untuk pemberian nilainya pada variable string harus menggunakan tandap kutip atau single quote (kutip satu) seperti pada contoh diatas.

Seperti itulah penjelasan dari tipe data string, jangan lupa untuk terus berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial mengenai belajar php lainnya.

 

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *