Thursday , June 27 2019
Home / PHP / Tutorial Belajar PHP : Penulisan Komentar

Tutorial Belajar PHP : Penulisan Komentar

Tutorial Belajar PHP : Penulisan Komentar

Tutorial Belajar PHP : Penulisan Komentar – Sama seperti Bahasa pemrograman lainnya, PHP juga memiliki perintah tersendiri untuk penulisan komentar.
Komentar sangat diperlukan pada saat kita membuat sebuah website atau sistem berbasis PHP agar tidak kebingungan pada saat membuka project lama atau project yang sedang dibuat sebulan atau setahun kemudian agar lebih mudah pada saat membaca barisan perintahnya.

Komentar tidak akan dieksekusi pada saat file php dijalankan, jadi komentar bisa kamu tulisa dimana saja didalam file php. Dan PHP memberikan beberapa cara untuk melakukan penulisan komentar.

1. Penulisan Komentar C++

Cara penulisan komentar dengan metode c++ ini sama seperti saat kamu memberikan komentar di C++. Penulisan komentar ini hanya dapat satu baris saja. Berikut ini adalah contoh penulisan komentar dengan menggunakan metode C++.

<?php //ini adalah contoh pembuatan variable
$nama = lebakcyber.net 
//variable nama tersebut memiliki nilai lebakcyber.net ?>

2. Penulisan Komentar Unix Shell

Selanjutnya adalah penulisan komentar dengan gaya Unix Shell, kenapa dinamakan Unix Shell? Karena penulisan komentar ini berasal dari sistem Unix. Untuk membuat komentar dengan menggunakan cara Unix Shell ini dibutuhkan tanda pagar (#), teks yang berada setelah tanda pagar tidak akan dieksekusi pada saat file php dijalankan sampai akhir batas.

Sama seperti contoh penulisan komentar C++, komentar dengan gaya Unix Shell ini hanya bisa digunakan untuk satu baris saja. Berikut ini adalah contoh penulisan komentar dengan gaya Unix Shell :

<?php ################################
##Selamat Datang Di LebakCyber.Net##
################################ ?>

Teks Selamat Datang Di LebakCyber.Net tidak akan dieksekusi pada saat file php dijalankan karena teks tersebut akan dianggap sebagai komentar oleh php.

3. Penulisan Komentar C

Jika dua jenis contoh komentar diatas hanya dapat digunakan hanya untuk satu baris saja, lain halnya dengan penulsan komentar C. Dengan menggunakan penulisan komentar dengan gaya C ini kamu dapat membuat komentar menjadi beberapa halaman sekaligus.

Untuk membuat komentar dengan gaya C dibutuhkan sebuah garis miring dan sebuah bintang untuk memulainya (/*) dan diakhiri dengan bintang dan garis miring (*/) untuk menutup komentar. Contohnya seperti berikut ini :

<?php /* ini adalah contoh komentar dengan gaya C 
komentar ini dapat digunakan untuk 
beberapa baris sekaligus.*/ ?>

Seperti itulah beberapa cara untuk melakukan proses penulisan komentar di PHP, jangan lupa untuk terus berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial belajar PHP lainnya.

Jika artikel ini bermanfaat bagi kamu tidak ada salahnya share ke sosial media kamu dengan cara menekan beberapa tombol sosial media dibawah ini agar teman-teman kamu dapat mengetahui artikel ini, terima kasih.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *