Monday , August 19 2019
Home / PHP / Tutorial Belajar PHP : Konstanta

Tutorial Belajar PHP : Konstanta

Tutorial Belajar PHP : Konstanta

Tutorial Belajar PHP : Konstanta – Pada artikel sebelumnya kita sudah mempelajari tentang bagaimana cara penulisan di PHP dan juga apa itu variabel di PHP, kali ini kita akan membahas mengenai konstanta.

Sama seperti variable, konstanta digunakan untuk menampung suatu nilai atau data. Namun perbedaannya dengan variable adalah nilai dari konstanta tidak dapat berubah saat program dijalankan, jadi nilai dari suatu konstanta bersifat tetap.

Jadi kalau nilai variable nilainya dapat berubah-ubah selama program dijalankan. Maka nilai dari konstanta bersifat tetap.

1. Penulisan Konstanta Di PHP

Jika pendefinisian variable diawali dengan tanda dollar ($), untuk melakukan pendefinisian konstanta digunakan keyword const atau menggunakan fungsi define.
Berikut ini adalah contoh pendefinisian konstanta dengan keyword cost :

<?php const nama = "Firdan Ardiansyah";
const website = "lebakcyber.net"; ?>

Dan dibawah ini adalah pendefinisian constanta dengan fungsi define :

<?php
define ("nama","Firdan Ardiansyah");
define ("website", "LebakCyber.net");
?>

Untuk penamaan konstanta sebenarnya sama seperti penamaan variable, huruf awal boleh diawali dengan unserscrore (_) atau huruf dan tidak boleh diawali dengan angka atau karakter khusus lainnya.

2. Konstanta Bersifat Case Sensitive

Sama juga seperti variable, konstanta bersifat case sensitive. Artinya penamaan konstanta akan dibedakan oleh PHP jika misalnya memiliki nama yang sama namun memiliki jenis huruf besar dan kecil yang berbeda. Contohnya seperti berikut ini :

<?
php const nama = "Firdan Ardiansyah";
const NaMa = "LebakCyber.Net";
?>

Kedua konstanta tersebut walaupun memiliki nama yang sama namun memiliki jenis huruf besar dan kecil yang berbeda akan dianggap sebagai dua buah konstanta yang berbeda oleh PHP.

Itulah pengertian mengenai konstanta, jadi intinya jika nilai variable dapat berubah-ubah sesuai keinginan pada saat program dijalankan, maka lain halnya dengan konstanta yang nilainya bersifat tetap dan tidak dapat berubah selama program berjalan.

Jangan lupa untuk terus mengunjungi lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial belajar php lainnya dan jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosial kamu, terima kasih.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *