Tuesday , February 19 2019
Home / PHP / Tutorial Belajar PHP : Aturan Penulisan Di PHP

Tutorial Belajar PHP : Aturan Penulisan Di PHP

Tutorial Belajar PHP : Aturan Penulisan Di PHP

Tutorial Belajar PHP : Aturan Penulisan Di PHP – Pada tutorial belajar php kali ini kita akan coba untuk mempelajari bagaimana aturan penulisan saat kita membuat suatu website atau program dengan menggunakan PHP.

PHP memiliki bentuk atau aturan penulisan tersendiri, dimana php juga memiliki aturan penulisan seperti huruf besar atau kecil (case sensitifity), penggunaan spasi dalam penulisan PHP dan juga penggunaan semicolon untuk mengakhiri suatu baris perintah.

1. Case Sensitifity.

PHP memiliki aturan tersendiri terkait masalah Case Sensitifity. untuk penamaan class, function ataupun keyword yang menjadi bawaan dari PHP, maka PHP tidak mempedulikan apakah class, function atau keyword tersebut ditulis dengan menggunakan huruf besar atau kecil. Contohnya :

<?php Echo “Hello Selamat Belajar PHP Di Lebak Cyber”; 
echo “Hello Selamat Belajar PHP Di Lebak Cyber”; 
ecHo “Hello Selamat Belajar PHP Di Lebak Cyber”; ?>

PHP akan menganggap ketiga perintah tersebut adalah perintah yang sama.

Beda lagi jika kamu membuat sebuah variable baru, PHP akan memperhatikan penamaan dari variable yang kamu buat, misalnya $barang akan berbeda dengan $Barang ataupun $BARANG. PHP akan menganggap ketiga variable tersebut adalah variable yang berbeda. Contohnya :

$barang = “Indomie”;
$Barang = “Kopi Good Day”;
$BARANG = “Marlboro”;

Ketiga variable tersebut akan dianggap sebagai tiga buah variable yang berbeda oleh PHP, karena ketiga variable tersebut memiliki case sensitifity yang berbeda-beda.

2. Tab dan Spasi di PHP

PHP tidak akan mempedulikan tab ataupun Spasi yang kamu masukan, jadi kamu bisa memecah statement (baris perintah) menjadi beberapa bagian. Contohnya seperti berikut ini :

<?php Echo “Nama saya adalah”; 
echo “firdan ardiansyah”; 
echo “selamat belajar PHP di lebakcyber.net”; ?>

Bentuk penulisan seperti diatas sebenarnya sama saja seperti bentuk penulisan seperti dibawah ini :

<?php Echo “Nama saya adalah”; 
Echo “firdan ardiansyah”; 
Echo “selamat belajar PHP di lebakcyber.net”; ?>

Tinggal kamu sesuaikan saja sesuai dengan kenyamanan kamu, tapi saya sarankan untuk menggunakan contoh kedua agar terlihat lebih rapi dan tidak membingungkan pada saat membacanya.

3. Mengakhiri Baris Perintah (Statement)

Didalam PHP, setiap baris perintah yang sudah dituliskan harus diakhiri dengan tanda semicolon (;) karena kalau tidak akan menyebabkan statement yang ditulis menjadi error. Jadi jangan lupa untuk selalu menutup setiap statement dengan semicolon ya.

Itulah beberapa aturan penulisan di PHP, kita akan coba mempelajari tutorial belajar php lainnya di artikel yang akan datang, jadi jangan lupa untuk terus mampir ke lebakcyber.net untuk mengupdate artikel PHP lainnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *