Tuesday , September 17 2019
Home / Java / Tutorial Belajar Java Sejarah Java
Tutorial Belajar Java Sejarah Java

Tutorial Belajar Java Sejarah Java

Tutorial Belajar Java Sejarah Java

Tutorial Belajar Java Sejarah Java – Java merupakan salah satu Bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat sebuah sistem sederhana ataupun yang kompleks. Java juga merupakan salah satu Bahasa pemrograman tingkat tinggi dan juga menerapkan OOP (Object Oriented Programming) dalam penggunaannya.

Tutorial Belajar Java Sejarah Java

Bahasa pemrograman Java awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung dengan Sun Microsystem (Saat ini Oracle) dan dirilis pada tahun 1995. Java sendiri banyak mengadopsi sintaks dari Bahasa pemrograman lain, seperti Bahasa C dan juga C++ namun dengan sintak model objek yang lebih sederhana.

Untuk membuat sebuah aplikasi dengan Java kamu membutuhkan sebuah JDK (Java Development Kit) dan untuk menjalankan aplikasi yang dibuat dengan Bahasa Java, maka kamu membutuhkan sebuah JRE (Java Runtime Environment). Java juga bersifat multi platform, artinya program Java yang sudah kamu buat dapat dijalankan di sistem operasi mana saja baik itu windows, linux ataupun MacOs selama didalam sistem operasi tersebut sudah terinstall JRE.

Berdasarkan data yang diterbitkan oleh Sun, 3 triliun alat atau device membutuhkan Java agar dapat dijalankan. Banyak alat yang sudah menggunakan Java, seperti misalnya :

  1. Aplikasi Desktop seperti Acrobat Reader, Antivirus, Media Player dan lain sebagainya.
  2. Aplikasi berbasi web yang menggunakan Java
  3. Aplikasi Enterprise seperti aplikasi perbankan
  4. Aplikasi Mobile maupun Sistem Operasi Mobile
  5. Game
  6. Robotika dan masih banyak lainnya.

 

Tipe Aplikasi Java

Ada 4 tipe aplikasi yang dapat dibuat menggunakan Bahasa pemrograman Java, seperti misalnya

  • Aplikasi Standalone

Aplikasi standalone atau dikenal juga dengan aplikasi desktop atau aplikasi yang berbasis windows. Seperti misalnya antivirus, media player dan aplikasi desktop lainnya yang banyak diinstall di komputer kalian

  • Aplikasi Web

Aplikasi web adalah aplikasi yang berjalan di server side dan dapat membuat halaman web yang dinamis dan membutuhkan browser untuk membukanya. Contohnya servlet, jsp, struts, jsf dan lain sebagainya. Atau bisa dikenal juga dengan membuat aplikasi web menggunakan Java.

  • Aplikasi Enterprise

Aplikasi yang membutuhkan resource atau sumber daya dan tingkat keamanan yang tinggi, seperti aplikasi yang digunakan dalam perbankan. Dalam Java, EJB biasanya digunakan untuk membuat aplikasi enterprise.

  • Aplikasi Mobile

Aplikasi mobile adalah aplikasi yang dibuat untuk perangkat mobile. Saat ini Android dan juga Java ME digunakan untuk membuat aplikasi berbasis mobile.

Itulah sejarah singkat mengenai Bahasa pemrograman Java. Pada tutorial belajar Java lainnya kita akan membahas sedikit demi sedikit Bahasa pemrograman berbasis objek ini. Jadi jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net ya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *