Wednesday , May 27 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Trafik WhatsApp Meningkat Selama Corona

Trafik WhatsApp Meningkat Selama Corona

Trafik WhatsApp Meningkat Selama Corona

lebakcyber.net – Trafik WhatsApp meningkat selama corona. Virus corona yang sekarang ini sudah menjadi pandemi dan menyebar ke seluruh dunia mengharuskan masyarakat untuk melakukan semua aktivitasnya didalam rumah untuk menghindari tertular dari virus tersebut.

Dan akibatnya, para pengguna media sosial dan juga aplikasi berbagi pesan semakin meningkat agar tetap dapat saling terhubung dengan rekan kerja, keluarga dan juga teman.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh sebuah perusahaan riset Kantar memberikan informasi bahwa aplikasi berbagi pesan WhatsApp menjadi aplikasi media sosial yang mengalami peningkatan terbesar akibat imbas dari wabah Covid-19 tersebut.

Advertisements

Dikutip dari halaman TechCrunch, mereka melakukan survei kepada lebih dari 25 ribu konsumen yang berada di 30 negara yang sudah dilakukan pada tanggal 14 sampai 24 Maret 2020 lalu.

Berdasarkan laporan tersebut, dilaporkan bahwa pengguna WhatsApp secara global meningkat sebesar 40 persen. Dan pada saat awal-awal pandemi, pengguna aplikasi berbagi pesan WhatsApp meningkat sebesar 27 persen dan pada pertengahan mencapai 41 persen. Dan untuk negara-negara yang sudah masuk kedalam fase pandemi, penggunaan aplikasi berbagi pesan WhatsApp meningkat sampai 51 persen.

Advertisements

Penggunaan WhatsApp di beberapa negara juga bahkan mengalami peningkatan yang lebih tinggi lagi kenaikannya, misalnya seperti penggunaan di Spanyol yang angka penggunaannya mencapai 76 persen.

Bukan hanya WhatsApp saja, hampir semua aplikasi berbagi pesan juga mengalami peningkatan besar dan biasanya para penggunanya banyak dilakukan oleh pengguna dengan rentang usia antara 18 sampai 34 tahun.

Untuk pengguna media sosial seperti Facebook dan Instagram mengalami peningkatan sebesar lebih dari 40 persen, dan rentang usia penggunanya sama seperti rentang usia para pengguna aplikasi WhatsApp.

Aplikasi berbagi pesan lainnya seperti WeiBo dan juga WeChat mengalami kenaikan trafik pengguna yang cukup tinggi, terlebih lagi di China. Secara keseluruhan, para pengguna Facebook sudah mengalami peningkatan sebesar 37 persen dan pengguna aplikasi WeChat dan juga WeiBo mengalami peningkatan sebesar 58 persen.

Walaupun jumlah kenaikan tersebut merupakan sebuah keuntungan bagi pemilik platform-platform tersebut, namun berdasarkan hasil survey juga menunjukan kalau konsumen tidak mempercayai platform media sosial tersebut yang berisi berita-berita seputar virus corona. Para pengguna lebih mempercayai organisasi kesehatan dan juga situs berita yang resmi.

Responden dengan jumlah 48 persen mengatakan kalau situs berita lebih dapat dipercaya dan juga media sosial hanya mendapat kepercayaan sebesar 11 persen dari responden.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Rencana WhatsApp Untuk Menghasilkan Uang

Rencana WhatsApp Untuk Menghasilkan Uang

Rencana WhatsApp Untuk Menghasilkan Uang lebakcyber.net – Rencana WhatsApp untuk menghasilkan uang. Sampai sekarang ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *