Tuesday , April 23 2019
Home / The Lounge / Tips dan Trik / Tips Terhindar Dari Penipuan Uang Lewat WhatsApp

Tips Terhindar Dari Penipuan Uang Lewat WhatsApp

foto : The Sentinel

Tips Terhindar Dari Penipuan Uang Lewat WhatsApp

lebakcyber.net – Penipuan uang melalui aplikasi berbagi pesan WhatsApp bukan pertama kalinya terjadi. Sebelumnya sudah banyak modus yang digunakan oleh pelaku untuk menipu para korbannya. Dan berikut ini adalah tips terhindar dari penipuan uang lewat WhatsApp yang dapat kamu coba.

Kerugian yang didapat para korban penipuan juga bervariasi dan tidak sedikit yang kehilangan sampai ratusan juta rupiah. Dan yang terbaru adalah modus penipuan berbahaya melalui WhatsApp dimana si pelaku berpura-pura sebagai teman.

Pada artikel ini lebakcyber akan menjelaskan detail mengenai modus penipuan uang tersebut dan tips terhindar dari penipuan uang lewat WhatsApp.

Cara Pelaku Menjerat Korbannya

Cara pelaku menjerat korbannya adalah dengan membajak salah satu pengguna. Pelaku selanjutnya menggunakan akun tersebut untuk menipu teman-teman yang ada didalam daftar kontak WhatsApp tersebut.

Berdasarkan data dari McAfee, ada 46 persen orang Inggris yang sudah menjadi korban dari peretasan penipuan dengan modus teman tersebut dan uang mereka juga ikut hilang.

Dikutip dari berbagai sumber, rata-rata orang Inggris yang tertipu sampai 725 Poundsterling atau sekitar Rp. 13,1 juta. Sementara di Singapura sendiri ada 100 orang yang sudah menjadi korban dengan modus penipuan yang sama.

WhatsApp Masih Jauh Dari Kata Aman

Sebelum kasus penipuan yang mengatasnamakan teman tersebut mencuat, ada banyak kasus penipuan lainnya yang terjadi. Sebuh saja misalnya modus undian berhadiah, modus penipuan online shop dan juga modus jual beli mobil dan menyertakan nomor WhatsApp yang dapat dihubungi.

Oleh sebab itu, aplikasi berbagi pesan WhatsApp sendiri masih jauh dari kata aman karena masih banyak penipu yang dapat membobol akun milik pengguna WhatsApp.

Bagaimana Cara Pelaku Membobol Akun WhatsApp

Pelaku akan membobol akun dari salah satu pengguna yang sudah menjadi incarannya. Caranya setelah si pelaku mendaftar dengan nomor telepon milik pengguna tersebut, pelaku akan meminta pemilik nomor untuk mengirimkan kode verifikasi WhatsApp.

Begitu nomo kode verifikasi didapatkan si pelaku. Selanjutnya si penipu akan menggunakan profile si pengguna untuk menjerat teman-temana yang ada didalam daftar kontaknya.

Selanjutnya si penipu akan meminta anggota keluarga atau teman dari pemilik akun WhatsApp yang sudah dicuri tadi untuk mengirimkan sejumlah uang. Dan akibatnya anggota keluarga atau teman yang ada didalam kontak WhatsApp akan menjadi korban.

Tips Agar Tidak Menjadi Korban Penipuan

Berikut ini adalah tips terhindar dari penipuan uang lewat WhatsApp :

  • Jangan pernah memberikan kode verifikasi WhatsApp kepada orang lain, baik itu teman, pacar, keluarga, orang tua atau bahkan orang yang tidak dikenal dengan alasan apapun.
  • Kalau tiba-tiba ada kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS, jangan langsung panik karena si penipu tidak akan dapat mengaksesnya kalau penipu tidak mendapatkan kode verifikasi yang dikirim oleh WhatsApp.
  • Tetap waspada jika ada salah satu teman yang ada di kontak WhatsApp kamu yang meminta transfer uang. Tidak ada salahnya kalau kamu melakukan konfirmasi ulang permintaan tersebut secara langsung kepada orang yang bersangkutan

Itulah beberapa tups agar tidak menjadi korban penipuan di WhatsApp, semoga artikel ini dapat berguna dan kamu dapat terhindar dari modus penipuan yang menggunakan aplikasi berbagi pesan WhatsApp.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *