Thursday , August 22 2019
Home / The Lounge / Tips dan Trik / Tips Mengoptimalkan Kinerja RAM

Tips Mengoptimalkan Kinerja RAM

Tips Mengoptimalkan Kinerja RAM

Tips Mengoptimalkan Kinerja RAM – RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu hardware komputer yang penting untuk meningkatkan performa dari komputer. RAM digunakan sebagai media penyimpanan yang bersifat sementara dan bertujuan untuk membantu kinerja CPU dalam melakukan proses komputasi.

Semakin besar kapasitas RAM maka semakin baik pula kinerja komputernya, namun bagaimana jika seandainya kamu sudah memiliki RAM yang besar misalnya 8GB sampai 16GB namun PC atau komputer kamu belum juga memenuhi kinerja yang diinginkan?

Untuk mengatasi hal tersebut lebakcyber.net sudah memiliki tips dan trik yang dapat kamu gunakan agar dapat mengoptimalkan kinerja ram di pc atau komputer yang kamu miliki.

Matikan Startup Aplikasi Yang Tidak Dibutuhkan

Aplikasi atau software yang berjalan pada saat komputer atau pc pertama kali dijalankan cukup memakan banyak memori, jadi sebaiknya kamu menghapus daftar aplikasi yang tidak penting penting banget dari daftar aplikasi yang berjalan pada saat komputer dinyalakan.

Caranya klik kanan tombol windows lalu kamu pilih Task Manager, setelah menu task manager terbuka kamu pilih tab startup lalu pilih aplikasi yang ingin dimatikan dengan cara klik kanan aplikasi tersebut lalu pilih Disable.

Tips Mengoptimalkan Kinerja RAM

Matikan Proses Aplikasi Di Task Manager

Masih berada di menu task manager, sekarang kamu pilih tab proses. Di tab proses tersebut terdapat berbagai macam aplikasi yang sedang berjalan di komputer kamu. Kamu bisa melihat aplikasi apa yang paling banyak menggunakan memori dan prosesor di tab proses tersebut.

Kalau ada aplikasi yang sedang tidak kamu gunakan namun aplikasi tersebut kamu lihat sedang berjalan di tab proses, maka sebaiknya matikan saja aplikasi tersebut. Caranya klik kanan aplikasi yang ingin dimatikan lalu pilih End Task, nanti aplikasi tersebut akan dimatikan oleh sistem.

Tips Mengoptimalkan Kinerja RAM

Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara terakhir untuk dapat memaksimalkan kinerja RAM adalah dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga yagn dapat meningkatkan kinerja RAM. Untuk aplikasi pihak ketiga kamu bisa menggunakan CCleaner yang versi gratis atau AVG PC TuneUp Review.

Itulah beberapa tips dan trik yang dapat kamu gunakan untuk mengoptimalkan kinerja dari RAM kamu agar menjadi semakin lebih baik lagi. Semoga Tips Mengoptimalkan Kinerja RAM ini dapat bermanfaat bagi kamu semua dan jangan lupa untuk berkunjung terus ke lebakcyber.net

 

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *