Saturday , October 19 2019
Home / The Lounge / Tips dan Trik / Tips Menghindari Serangan Hacker

Tips Menghindari Serangan Hacker

foto : Internet

Tips Menghindari Serangan Hacker

lebakcyber.net – Tips menghindari serangan hacker. Sekarang ini sudah banyak situs yang dapat digunakan untuk belajar hacking. Jadi siapa saja bisa dengan mudah menjadi seorang hacker walaupun dirinya bukan lulusan IT. Bahkan ada beberapa hacker yang disegani di dunia, belajar cara hacking secara otodidak.

Adapun tujuan mereka belajar hacking bermacam macam. Ada yang ingin mendapatkan informasi penting dan salah satu informasi penting yang sering disalah gunakan adalah nomor akun finansial beserta passwordnya, bahkan sekarang ini NIK yang ada pada KTP kamu juga sering menjadi incaran para hacker.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tips menghindari serangan hacker yang bisa kamu gunakan untuk menghindari serangan hacker yang ingin mendapatkan informasi penting yang kamu miliki.

Advertisements

Jangan Buka Email Spam

Bukan rahasia umum lagi kalau seorang hacker dapat melakukan kegiatan hackingnya dengan menggunakan email. Bahkan hacker yang berasal dari Indonesia juga sangat sering menggunakan metode ini. Biasanya email penyerangan ini berbentuk email spam.

Oleh karena itu, kalau kamu mendapati email spam yang masuk ke emailmu yang berupa link phising, sebaiknya jangan dibuka. Dan juga ada kemungkinan kalau email spam tersebut bisa saja langsung menginstall software ataupun virus yang membahayakan sistem PC ataupun smartphone kamu.

Update Software Secara Berkala

Pengembang sistem operasi akan terus menerus mengembangkan sistem operasinya agar menjadi lebih baik dan menambal bug atau celah yang ada. Oleh karena itu melakukan proses update software secara berkala sangat dianjurkan agar kalian memiliki sistem operasi yang lebih aman.

Advertisements

Dengan begitu, tidak akan ada celah untuk para hacker membobol sistem keaman. Jadi ada baiknya untuk selalu melakukan update software secara berkala, baik itu pada perangkat PC kamu atau juga pada perangkat smartphone yang kamu gunakan.

Jangan Gunakan Password Yang Mudah Ditebak

Tips mengindari serangan hacker yang pertama adalah jangan menggunakan password yang mudah ditebak, contohnya tanggal lahir kamu atau password yang berhubungan dengan kebiasaan kamu atau yang berhubungan dengan angka kesukaan.

Sebaiknya untuk membuat sebuah password yang baik, gunakan kombinasi antara huruf besar dan juga huruf kecil serta menambahkan angka diantara password yang kamu gunakan tersebut.

Gunakan Perangkat yang Memiliki Keamanan Tinggi

Tidak dapat dipungkiri, kalau semakin lama seri gadget yang digunakan, maka semakin rentan juga keamanan sistemnya. Karena, perkembangan teknologi semakin pesat dan sudah pasti sistem keamanan akan dikembangkan.

Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya penyerangan oleh hacker, kamu harus menggunakan gadget terbaru atau yang sudah terpercaya memiliki sistem keamanan yang baik sehingga kamu tidak lagi perlu khawatir akan disadap atau dicuri informasi penting yang kamu miliki.

Gunakan VPN

Mengapa kita harus menggunakan VPN? karena saat kamu menghubungkan perangkat kamu dengan WiFi umum, maka hacker akan lebih mudah mencuri informasi melalui WiFi tersebut.

Oleh karena itu, saat menggunakan WiFi umum ada baiknya kamu menggunakan aplikasi VPN dan koneksi kamu dienkripsi oleh VPN tersebut. Sehingga para hacker tidak dapat dengan mudah menghack perangkat kamu dengan menggunakan media WiFi umum tersebut.

Jadi itulah beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk terhindar dari serangan hacker yang mencoba mencuri informasi penting yang kamu miliki. Sampai bertemu di tips dan trik selanjutnya ya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *