Monday , September 24 2018
Home / The Lounge / Tips dan Trik / Tips Menghindari Pesan Spam di WhatsApp

Tips Menghindari Pesan Spam di WhatsApp

foto : hotforsecurity.bitdefender.com

Tips Menghindari Pesan Spam di WhatsApp

lebakcyber.net – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi berbagi pesan yang sangat banyak penggunanya. Dengan jumlah pengguna mencapai 1,5 miliar aktif setiap bulannya menjadikan WhatsApp sering dimanfaatkan untuk menyebarkan pesan spam yang berisi penipuan ataupun berita hoax. Berikut ini adalah tips menghindari pesan spam di WhatsApp agar kamu tidak menjadi korban dari ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab tersebut.

Beberapa pengguna WhatsApp di Indonesia beberapa waktu lalu sempat dihebohkan dengan pesan spam. Yang paling baru adalah penipuan yang menawarkan voucher berhadiah yang mengatasnamakan restoran makanan cepat saji McDonald’s.

Selain itu ada juga pesan yang berisi bug yang ada pada WhatsApp yang berpotensi dapat merusak smartphone. Isi pesan tersebut terdapat simbol tersembunyi diantara spasi yang berupa malware yang jika ditekan bisa menyebabkan beragam kejadian, seperti misalnya smartphone menjadi hang atau juga menyebabkan bootloop.

Dan berikut ini adalah tips menghindari pesan spam di WhatsApp agar kamu tidak menjadi korbannya.

Hindari Pesan Yang Meminta Informasi Pribadi

Sebaiknya kamu menaruh perhatian lebih pada pesan WhatsApp yang meminta informasi pribadi kamu. Jangan pernah sekali-kali memberikan informasi pribadi pada orang yang tidak dikenal seperti misalnya tanggal lahir, NIK, ataupun nomor kartu kredit.

Disarankan juga agar kamu tidak mendownload lampiran yang dikirim melalui WhatsApp oleh seseorang yang tidak dikenal, karena file yang kamu download tersebut tidak menutup kemungkinan sudah disusupi oleh malware atau virus.

Bijak Menerima Isi Pesan

Saat user mendapatkan sebuah pesan masuk di WhatsApp dengan tampilan yang menarik, misalnya dengan iming-iming hadiah ataupun menawarkan kode voucher, jangan buru-buru terpercaya dengan pesan tersebut. Pesan Hoax biasanya dikemas semenarik mungkin agar dapat perhatian dari penerimanya. Jadi sebaiknya cerna baik-baik isi pesan yang masuk ke WhatsApp kamu, kalau-kalau ternyata pesan tersebut adalah Spam atau Hoax.

Hati-Hati Dengan Penawaran Dari Suatu Perusahaan

Kalau kamu mendapatkan pesan WhatsApp yang sangat menarik yang berisi undian berhadiah atau voucher gratis yang mengatasnamakan suatu perusahaan, ada baiknya kamu berhati-hati terhadap pesan tersebut. Walaupun tidak menutup kemungkinan kalau memang perusahaan tersebut sedang memberikan voucer atau hadiah gratis, tapi kamu tetap harus berhati-hati.

Sebelum kamu mengambil penawaran tersebut ada baiknya kamu melakukan pencarian informasi tambahan apakah benar perusahaan tersebut sedang memberikan hadiah ataupun voucher gratis kepada para pengguna WhatsApp.

Laporkan Spam

WhatsApp memberikan pilihan kepada para penggunanya untuk melaporkan sebuah kontak yang tidak dikenal yang memberikan sebuah spam. kalau pesan yang dikirim memang spam, sebaiknya fitur tersebut dimanfaatkan oleh pengguna WhatsApp.

Selain itu, kabarnya WhatsApp juga sedang menyiapkan sebuah fitur yang bisa menangkal pesan Spam. Fitur tersebut ditujukan utuk mengatasi penyebaran spam dan virus melalui pesan berantai.

Nantinya pengguna akan mendapatkan notifikasi yang memberikan informasi bahwa sebuah pesan sudah diteruskan berkali-kali, namun sampai saat ini sayangnya WhatsApp belum memberikan keterangan resmi mengenai kapan dirilisnya fitur tersebut akan dirilis secara resmi.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *