Saturday , March 23 2019
Home / The Lounge / Tips dan Trik / Tips Menghindari Mata Lelah Saat Didepan Komputer
Tips Menghindari Mata Lelah Saat Didepan Komputer

Tips Menghindari Mata Lelah Saat Didepan Komputer

Tips Menghindari Mata Lelah Saat Didepan Komputer

Tips Menghindari Mata Lelah Saat Didepan Komputer – Buat kamu yang sering berlama lama didepan komputer untuk bekerja ataupun sering menggunakan smartphone kamu hanya untuk sekedar browsing ataupun bermain game dapat menyebabkan mata kamu menjadi lelah.

Ciri ciri kalau mata kamu sudah terlalu lama memandang layar komputer ataupun smartphone adalah pandangan yang sedikit kabur, mata menjadi berat dan juga kepala menjadi pusing. Kalau ciri itu ada padamu, berarti kamu sudah terkena computer vision syndrome.

Di Amerika sendiri, Computer Vision Syndrome telah menjangkit lebih dari 60 persen warga negara Amerika Serikat. Karena hanya dengan memandang komputer selama dua jam tanpa henti, dapat dipastikan kalau kamu terkena syndrome tersebut.

Untuk menghindari terkena Computer Vision Syndrome (CVS), lebakcyber.net akan sharing beberapa tips agar mata kamu tidak cepat lelah saat bekerja dengan komputer dan terkena CVS.

Atur Kecerahan Layar Monitor.

Kecerahan layar monitor sebaiknya jangan terlalu gelap ataupun terang, sebaiknya cahaya pada monitor itu sama dengan pencahayaan diruangan, jadi mata kamu tidak terlalu silau ataupun terlalu gelap saat melihat layar monitor.

Jangan Lupa Berkedip.

Berkedip sih gak usah diajarin, karena biasanya mata kita akan berkedip secara otomatis. Tapi biasanya kalau kamu terlalu focus dengan monitor, mata kamu jadi lebih jarang untuk berkedip. Walaupun gak harus diitungin kamu berkedip berapa kali dalam satu menitnya. Tapi sering-seringlah untuk berkedip agar mata kamu tidak cepat kering.

Perbesar Teks Di Monitor.

Kalau kamu sering berlama-lama didepan komputer hanya untuk membaca berita, email atau artikel artikel yang ada di suatu website. Jangan lupa untuk memperbesar teksnya, karena ukuran teks yang terlalu kecil dapat menyebabkan mata kamu menjadi cepat lelah dan mengalami CVS.

Terapkan Aturan 20-20

Aturan 20-20 itu artinya setiap 20 menit didepan komputer, sebaiknya kamu beristirahat dulu selama 20 detik. Lalukan kegiatan apa saja dulu seperti misalnya mengambil minum, menjauh dari layar monitor walau hanya untuk sekedar peregangan punggung kamu. Pokoknya lakukan kegiatan apa saja sekedar untuk mengistirahatkan mata kamu dari layar monitor.

Itulah beberapa tips untuk menghindari mata kamu cepat lelah saat berlama lama didepan monitor. Semoga artikelnya bermanfaat ya, dan jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net untuk tips and trik lainnya.

 

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *