Monday , September 28 2020
Home » The Lounge » Tips dan Trik » Tips Menghindari Berita Hoax

Tips Menghindari Berita Hoax

foto : terkini.id

Tips Menghindari Berita Hoax

lebakcyber.net – Tips menghindari berita hoax. Di zaman serba modern seperti sekarang ini, bukan hanya anak muda saja yang bermain gadget, namun juga para orang tuanya. Namun sayangnya, akibat dari literasi digital yang kurang, banyak orang tua yang terkadang terjebak dengan berita hoax atau berita palsu. Bahkan tidak jarang mereka juga menjadi sasarang phising.

Dan sebagai anak muda yang baik, kalian sebaiknya dapat membagikan tips agar para orang tua bisa terhindar dari berita yang isinya misinformasi atau juga kerentanan terhdapat pencurian data pribadi.

Public Policy untuk Facebook Indonesia, Karissa Sjawaldy mengingatkan kalau platform Facebook memang selalu memastikan data para pengguna layanan jejaring sosialnya. Namun harus dicatat, untuk kontrol keamanan sendiri dipegang oleh para penggunanya sendiri.

Advertisements

Dan berikut ini adalah tips untuk menghindari berita hoax yang banyak beredar di dunia maya.

Teliti Situs dan Judulnya

Dalam acara konferensi pers, Karissa mengatakan kalau kita semua harus teliti terhadap judul ataupun situs webnya, ada yang berhubungan atau tidak? Misalnya situsnya tidak kredibel dan jangan sampai membagikan informasi yang membahayakan ataupun palsu.

Advertisements

Hati-Hati Terhadap Jebakan Phising

Karissa juga membahas mengenai phising atau penipuan yang biasanya dilakukan dengan meminta para pengguna untuk mengklik sebuah link pada suatu unggahan yang sepertinya mencurigakan.

Misalnya kita menerima sebuah pesan singkat yang meminta kalian mengklik sebuah link yang ada pada isi pesannya, jangan langsung klik link tersebut, karena ada kemungkinan kalau link tersebut salah satu bentuk phising atau penipuan.

Gunakan Autentikasi Dua Faktor

Yang paling penting, kalian juga bisa membantu para orang tua ataupun teman-teman kalian untuk mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor agar bisa mencegah orang lain melakukan login di tempat lain.

Jangan Sembarangan Membuat Password

Kreator Anima Si Nopa, Naufal Faridurrazak juga memberikan sarannya agar terhindar dari berita hoax. Naufal yang sudah melakukan kerjasama bersama Facebook untuk edukasi sekitar nyaman dalam bermedia sosial mengatakan kalau Password adalah salah satu kunci keaman akun yang dia miliki.

Naufal juga mengatakan kalau fitur-fitur Facebook untuk para pengguna memang semakin aman, tapi dirinya juga membuat password yang sangat rumit agar tidak mudah dibobol. Password yang baik sebaiknya mengandung kombinasi huruf dan angka serta karakter khusus agar membuat sebuah password menjadi semakin kuat.

Saling Bantu Menyaring Berita Hoax

Selain itu juga para orang tua seringkali merasa takut kalau mendapatkan berita yang beredar di media sosial. Naufal juga menambahkan kalau kita dapat membantu para orang tua agar bisa memilah mana berita yang valid dan yang tidak serta membandingkan dengan berita yang kredibel.

Itulah beberapa tips agar terhindar dari berita hoax yang dibagikan oleh Karissa dan juga Naufal, semoga tips tersebut bisa memberikan manfaat agar kita bisa lebih berhati-hati dan terhindar dari berita hoax.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *