Friday , October 30 2020
Home » The Lounge » Tips dan Trik » Tips Menghilangkan Kantuk Saat Puasa

Tips Menghilangkan Kantuk Saat Puasa

foto : Pixabay

Tips Menghilangkan Kantuk Saat Puasa

lebakcyber.net – Tips menghilangkan kantuk saat puasa. Saat menjalani ibadah puasa pastinya ada banyak sekali tantangan yang harus kita lewati, misalnya saja seperti menahan haus, lapar dan juga hawa nafsu.

Jadi ada baiknya kalau kita mengisi waktu selama berpuasa tersebut dengan melakukan beberapa hal yang bermanfaat, misalnya seperti melihat film mengenai sejarah islam atau melihat video dakwah yang banyak tersedia di YouTube.

Namun selain menahan lapar dan juga haus hal yang paling sering dikeluhkan oleh orang yang sedang menjalani ibadah puasa adalah rasa ngantik saat sedang berpuasa. Maka dari pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tips menghilangkan kantuk saat puasa.

Advertisements

Mengantuk saat melakukan suatu aktivitas pasti sangat menyebalkan bukan, apalgi saat kita sedang berada dalam suatu perjalanan. Maka dari itu, langsung saja kita simak cara mengatasi rasa kantuk saat menjalani ibadah puasa.

Ngobrol Dengan Teman

Ngobrol dengan teman biasanya bisa membuat waktu kita berjalan dengan lebih cepat. Apalagi kalau ada topik pembicaraan yang menarik, pastinya hal tersebut akan membuat kalian gak ngantuk lagi bukan.

Advertisements

Namun karena adanya perintah dari pemerintah untuk melakukan PSBB selama Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, kalian bisa menggunakan beberapa aplikasi Video Conference ataupun media sosial lainnya agar dapat tetap terhubung dengan teman kalian.

Mencari Hiburan di Internet

Kalian bisa mencari berbagai jenis hiburan yang ada di internet untuk dapat menghilangkan rasa kantuk. Misalnya kalian bisa melihat video dakwah yang ada di YouTube atau melihat film dokumenter mengenai sejarah islam yang bisa menambah wawasan keagamaan kalian.

Dengan melakukan berbagai kegiatan yang memang kalian senangi dapat menghilangkan rasa kantuk dan juga dapat menghilangkan rasa bosan. Kalian dapat melakukan beberapa hal tersebut agar tidak lagi mengantuk saat menjalani ibadah puasa.

Olahraga

Para peneliti sudah membuktikan kalau melakukan kegiatan jalan kaki selama 10 menit bisa menghasilkan energi yang cukup untuk 2 jam kedepan. Oleh sebab itu, dengan melakukan kegiatan olahraga dapat menghilangkan rasa kantuk selama menjalani kegiatan ibadah puasa.

Kalian bisa melakukan kegiatan olahraga melalui video yang ada di YouTube atau dengan menggunakan bantuan dari beberapa aplikasi olahraga yang bisa kalian download langsung dari smartphone kalian.

Mencuci Muka

Mencuci muka merupakan cara yang paling umum dilakukan saat sedang mengantuk agar rasa kantuk tersebut hilang. Biasanya dengan mencuci muka bisa membuat wajah kalian menjadi lebih fresh dan juga dapat mengatasi rasa kantuk saat melakukan aktivitas.

Mengatur Pola Tidur

Mengatur pola tidur juga bisa menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan rasa kantuk saat menjalani ibadah puasa. Biasanya kalau kita terlalu sering begadang dapat membuat pola tidur kita menjadi kacau. Alhasil hal tersebut dapat mengganggu kegiatan kita pada siang hari karena kita akan merasa cepat lelah dan juga mengantuk.

Jadi salah satu solusi untuk mengatasi rasa kantuk saat menjalani ibadah puasa adalah dengan membentuk pola tidur kalian agar terlihat lebih fresh saat menjalani ibadah puasa ataupun saat melakukan aktivitas di siang hari.

Jadi itulah beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk dapat menghilangkan rasa kantuk selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan ini agar puasa dan juga ibadah kalian bisa lebih maksimal lagi, selamat mencoba.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *