Thursday , November 26 2020
Home » The Lounge » Tips dan Trik » Tips Jaga Privasi Data saat Physical Distancing

Tips Jaga Privasi Data saat Physical Distancing

Tips Jaga Privasi Data saat Physical Distancing

lebakcyber.net – Tips jaga privasi data saat physical distancing. Dengan adanya peraturan mengenai physical distancing membuat orang semakin sering menggunakan internet, baik itu digunakan untuk bekerja, belajar, berkomunikasi sampai untuk mencari hiburan agar tidak bosan dirumah.

Akun baru juga semakin banyak dibuat di internet dan begitu juga dengan kegiatan membaca berita, menggunakan media sosial dan juga melihat video.

Aktivitas online yang meningkat tersebut ternyata dibarengi dengan resiko pada keamanan data pribadi. Oleh karena itu pengguna internet harus tetap waspada mengenai privasi data walaupun sibuk menggunakan internet. Dan berikut ini adalah beberapa tips mudah untuk mejaga data privasi saat berinternet.

Advertisements

Gunakan Kata Sandi Yang Kuat dan Unik

Ada baiknya kalian menggunakan akun dan juga password baru saat mengakses aplikasi untuk streaming, memesan makanan secara online ataupun untuk kebutuhan online yang digunakan pertama kali.

Dan pada saat membuat kata sandi sebaiknya kata sandi yang dibuat tersebut harus kuat dan unik serta berbeda pada setiap akun yang digunakan.

Advertisements

Karena kata sandi merupajan garis pertahanan terhadap upaya peretasan dan juga akses dari orang yang ingin berbuat kejahatan. Jadi tipsnya gunakan kata sandi yang panjang dan juga menggabungkan dua kata yang tidak berkaitan, mengandung karakter khusus, mengkombinasikan huruf besar dan huruf kecil, simbol, angka dan minimal mengandun 8 karakter.

Stop Jika Ada Sesuatu Mencurigakan

Bagi kalian pengguna harus tahu bahwa saat melakukan aktivitas internet selalu ada bahaya dan juga ancaman yang mengintai seperti phising dan juga malware.

Sebagai informasi, phising adalah penipuan yang dilakukan melalui email yang dilakukan dengan menyamar sebgai pemberi layanan, perusahaan atau seseorang yang pengguna percaya. Penipuan tersebut juga terkadang dilakukan dalam bentuk pesan singkat yang isinya memuat link yang tidak jelas.

Oleh karena itu, jika menemukan sesuatu yang mencurigakan, jangan asal klik dan memasukan kata sadi atau kode otentikasi. Karena bisa saja itu merupakan sebuah phising yang sedang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Update Aplikasi dan Software Secara Rutin

Dengan memperbarui software di smartphone, komputer ataupun tablet sangat penting untuk dilakukan agar perangkat menjadi tetap aman saat diguankan. Pembaruan tersebut bsia memperbaiki bugs, mengatasi masalah keamanan dan juga kerentanan software.

Lebih baik lagi kalau seandainya pengguna dapat memperbarui perangkatnya secara otomatis. Jadi pengguna tidak akan ketinggalan pembaruan yang tersedia pada software di komputer, aplikasi dan juga smartphone.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *