Sunday , September 22 2019
Home / Android / Tips Berguna Bagi Para Pengguna Android

Tips Berguna Bagi Para Pengguna Android

foto : droidviews.com

Tips Berguna Bagi Para Pengguna Android

lebakcyber.net – Sekarang ini Android sudah mengalahkan Windows sebagai platform komputer didunia. Hal tersebut berkat semakin cepatnya perkembangan dan fitur-fitur baru yang dihadirkan oleh Android. Google sebagai pemilik Android selalu melakukan update dan peningkatan fitur pada sistem operasi Android buatannya tersebut. Dan pada kesempatan kali ini lebakcyber akan membagikan tips berguna bagi para pengguna Android.

Buat Pengaturan Lock Screen

Semua perangkat yang menggunakan sistem operasi Android telah memiliki fitur keamanan yang dapat digunakan untuk membuka smartphone tersebut. Biasanya fitur kemanan yang digunakan adalah PIN, Pattern dan Password. Bahkan beberapa perangkat Android sekarang ini sudah mendukung fingerprint yang lebih aman karena hanya bisa dibuka oleh sang pemilik smartphone tersebut. Dengan mengaktifkan fitur tersebut tentu saja membuat smartphone Android kamu menjadi lebih aman dan tidak bisa dibuka oleh sembarangan orang.

Disable Apliksi Bloatware

Aplikasi Bloatware adalah aplikasi yang secara default terinstall pada saat kalian pertama kali membeli smartphone Android dan tentu saja aplikasi tersebut pastinya akan memakan memory dari Android kamu, lagian belum tentu aplikasi bloatware tersebut sesuai dengan kebutuhan kalian sehari-hari. Kalau Android kalian sudah diroot, mungkin kalian akan lebih mudah untuk menguninstall aplikasi bloatware tersebut.

Namun jika belum, kalian bisa memilih untuk mendisable aplikasi Bloatware tersebut, cara masuk ke menu setting – pilih menu aplikasi – nanti akan muncul aplikasi yang terinstall di Android kamu – setelah itu pilih aplikasi bloatware dan tekan tombol disable, hal tersebut dilakukan agar aplikasi tersebut tidak berjalan di belakang layar dan memakan memory dari smartphone kalian.

Android Device Manager

Aktifkan fitur Android Device Manager, fitur ini sangat bermanfaat jika kalian lupa menaruh dimana perangkat Android kalian disimpan ataupun jika kalian kehilangan smartphone Android kalian. Kalian bisa mengakses Android device manager melalui web selanjutnya log on dengan menggunakan akun google yang digunakan pada smartphone Android kalian yang hilang. Nantinya Google akan memberitahukan posisi dimana smartphone Android kalian itu berada.

Pastikan Data atau Foto kalian di Back up Secara Otomatis

Akan menjadi hal yang menyebalkan jika tiba-tiba smartphone Android kalian dan juga microSD yang didalamnya terdapat banyak foto kenangan tiba-tiba mengalami kerusakan. Jadi tidak ada salahnya kalau kalian selalu memback up secara otomatis foto-foto yang ada didalam smartphone kalian. Kalian bisa memanfaatkan fitur aplikasi Google Photos untuk melakukan backup secara otomatis dari setiap foto yang kalian simpan di smartphone Android.

Biasakanlah Menggunakan fitur “OK Google”

Google search merupakan fitur yang bisa memudahkan kamu dalam melakukan pencarian apapun di internet, hanya dengan mengucapkan kata “OK Google” kamu sudah bisa melakukan pencarian di internet dengan mengatakan kepada Google mengenai hal apa yang sedang kalian cari. Jadi hanya dengan mengucapkan OK Google kalian sudah bisa melakukan pencarian di internet dengan lebih mudah.

Google Assistant

Kalau kalian sudah mengaktifkan fitur Ok Google, sekarang kamu akan lebih mudah jika ingin menggunakan fitur Google Assistant. Untuk mengakses Google Assistant cukup ucapkan OK Google lalu katakan apa yang ingin kamu katakan. Misalnya kalian ingin membuat jadwal untuk suatu acara tertentu, mencari sesuatu di website bahkan mendapatkan informasi mengenai berita terbaru.

Gunakan Tampilan Home Screen Yang Berbeda

Beberapa perangkat android menggunakan custom User Interface Android tersendiri seperti misalnya Samsung menggunakan TouchWiz atau Asus menggunakan ZenUI. Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik karena biasanya interface default kurang begitu memuaskan, kalian bisa menginstall user interface alternative lainnya seperti Nova Launcher atau Action Launcher yang bisa membuat perangkat androidmu menjadi lebih mudah digunakan. Selain itu kalian jadi bisa mengganti tampilan icon dan pengaturan lainnya yang ingin ditampilkan di home screen menjadi lebih bebas dan leluasa.

Gunakan Mode Power Saving

Biasanya perangkat Android memiliki fitur Power Saving yang bermanfaat untuk mengatur penggunaan daya baterai agar lebih maksimal dan dapat digunakan lebih lama. Fitur Power Saving ini juga bisa mematikan aplikasi jika kondisi atau persentase baterai sudah hampir habis. Dan pastinya hal tersebut berguna untuk memperpanjang penggunaan baterai sebelum benar-benar kehabisan daya.

Fitur Split-Screen Apps

Jika smartphone Android kalian sudah menggunakan Android dengan versi 7.0 keatas, kalian bisa menampilkan dua buah aplikasi secara bersamaan dalam satu layar. Misalnya pada kiri layar kalian melihat berita dari suatu website dan di sisi kanan layar kalian membaca email-email yang masuk. Fitur tersebut tentu saja bisa lebih meningkatkan produktivitas kamu saat menggunakan perangkat Android.

Aktifkan Fitur Guest Mode

Kalau kalian ingin meminjamkan perangkat Android kalian pada orang lain namun tidak ingin data dan informasi yang ada didalam smartphone kalian diketahui oleh mereka, maka sebaiknya kalian mengaktifkan fitur Guest Mode. Biasanya Android dengan versi 5.0 keatas sudah memiliki fitur ini. Untuk beralih ke guest mode, tap ikon profil yang ada di pojok kanan atas dari notifikasi dan pilih guest profile, jadi jika ada orang yang menggunakan perangkat android kamu dengan masuk sebagai guest mode, mereka tidak akan bisa melihat data, akun dan juga aplikasi yang terinstall di smartphone android kalian.

Oke itulah beberapa tips berguna bagi para pengguna Android, semoga tips dan trik ini dapat bermanfaat bagi kalian para pengguna Android dan dapat mengambil manfaat dari tips dan trik android tersebut.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Android Q Beta Akan Hadir di Banyak Perangkat

Android Q Beta Akan Hadir di Banyak Perangkat

Android Q Beta Akan Hadir di Banyak Perangkat lebakcyber.net – Setelah merilis Android Pie, Sekarang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *