Thursday , November 26 2020
Home » The Lounge » Tips dan Trik » Tips Aman Saat Melakukan Rapat Online

Tips Aman Saat Melakukan Rapat Online

foto : videonations.co.uk

Tips Aman Saat Melakukan Rapat Online

lebakcyber.net – Tips aman saat melakukan rapat online. Penggunaan aplikasi video conference seperti Google Hangout, Zoom sampai Skype mengalami lonjakan peningkatan semenjak pandemi virus corona merebak yang membuat beberapa pemerintah di berbagai negara membuat kebijakan untuk kerja dan juga belajar dari rumah.

Peningkatan jumlah pengguna aplikasi tersebut juga meningkatkan serangan siber semakin meningkat pada aplikasi video conference tersebut. Serangan siber tersebut biasanya berhubungan dengan keamanan dan juga privasi data dari para penggunanya.

Yeo Siang Tiong selaku Manager Kaspersky untuk kawasan Asia Tenggara dalam keterangan resminya mengatakan bahwa dengan banyaknya negara yang sekarang ini menghadapi situasi lockdown yang berbeda-beda, perusahaan sudah menemukan sebuah cara untuk menggunakan teknologi untuk menjaga kelangsungan dari bisnis mereka. Dari pertemuan yang biasanya dilakukan secara tatap muka, sekarang sudah beralih dan bisa dilihat perubahannya dengan semakin banyak digunakannya aplikasi konferensi video.

Advertisements

Yeo juga menambahkan bahwa para pelakua kejahatan di dunia siber mengetahui tren penggunaan aplikasi konferensi video tersebut dan para pelaku kejahatan siber tersebut bisa memanfaatkan tren tersebut untuk menyusup bahkan mengeksploitasi melalui berbagai celah keamanan yang ada pada beberapa aplikasi konferensi video tersebut.

Para peretas bisa masuk melalui jaringan WiFi yang tidak aman, jaringan yang tidak terenkripsi dengan baik ataupun penggunaan password atau kata sandi yang lemah serta izin aplikasi yang buruk untuk melakukan serangan sibernya.

Advertisements

Kalau terdapat peluang untuk melakukan eksploitasi situasi dan menarik orang agar memberikan data pribadi atau meminta pengiriman uang secara palsu, bisa dijamin bahwa penjahat siber akan memiliki ambil pada kejadian tersebut, tambah Yeo.

Yeo juga menjelaskan bahwa sekarang ini banyak berbagai perusahaan di berbagai dunia yang belum begitu siap untuk menghadapi tren bekerja dari rumah dimana mengharuskan kepada para pegawainya untuk menggunakan aplikasi dari pihak ketiga.

Pada sisi lain, beberapa perusahaan lainnya memiliki pemikiran bahwa tren ini adalah hal yang biasa dan bisa menjadi waktu yang tepat agar bisa memeriksa keamanan pada sistem akses jarak jauh perusahaan mereka.

Langkah Mengurangi Serangan Siber Terkait Koneksi Jarak Jauh

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa digunakan oleh para pihak agar bisa melindungi jaringan yang mereka miliki dan juga mengurangi resiko terkena serangan siber, dan berikut adalah langkah-langkah sederhananya.

  1. Menggunakan VPN (Virtual Private Network) kepada para pegawai yang terhubung ke jaringan perusahaan.
  2. Semua perangkat yang digunakan pada perusahaan seperti smartphone dan juga laptop harus dilindungi dengan software keamanan yang sesuai, tidak terkecuali pada perangkat seluler.
  3. Memungkinkan data dapat dihapus pada perangkat jika perangkat tersebut dilaporkan dicuri atau hilang dan juga memisahkan data pekerjaan dengan data pribadi serta membatasi aplikasi mana saja yang dapat diinstall.
  4. Selalu melakukan update pada aplikasi dan juga sistem operasi.
  5. Batasi hak akses pada pengguna yang terhubung ke jaringan milik perusahaan.

Pihak Kaspersky menyarankan beberapa langkah dibawah ini untuk mengamankan kegiatan konferensi video yang menggunakan aplikasi dari pihak ketiga :

  1. Lakukan penilaian fitur keamanan pada platform yang digunakan oleh para karyawan.
  2. Selalu pastikan kalau aplikasi yang digunakan para karyawan selalu di update atau diperbarui.
  3. Mengatur izin dari aplikasi, baik itu selama proses konferensi dilakukan ataupun pada saat proses penyimpanan video konferensi.
  4. Amankan jaringan dengan ketat dan gunakan metode enkripsi
  5. Buat kebijakan mengenai kegiatan konferensi video yang dilakukan dan juga berikan batasan pada peserta yang mengikuti kegiatan konferensi tersebut.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *