Tuesday , June 2 2020
Home » The Lounge » Tips dan Trik » Tips Agar Akun WhatsApp Tidak Mudah Disadap

Tips Agar Akun WhatsApp Tidak Mudah Disadap

foto : Slash Gear

Tips Agar Akun WhatsApp Tidak Mudah Disadap

lebakcyber.net – Tips agar akun WhatsApp tidak mudah disadap. Akun Whatsapp yang disadap atau diretas pastinya dapat menimbulkan banyak kerugian bagi kalian, apalagi kalau sampai akun WhatsApp kalian tersebut disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Kalau sampai akun WhatsApp kalian diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, tidak menutup kemungkinan kalau chat kalian yang bersifat pribadi dan juga sensitif bisa menjadi bahan konsumsi orang lain.

Bisa juga akun WhatsApp kalian yang diretas tersebut digunakan oleh orang yant tidak bertanggun jawab untuk mengirim spam chat yang berisi informasi palsu atau informasi hoax, pastinya bisa sangat merugikan kalian bukan.

Advertisements

Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa cara untuk melakukan pencegahan agar akun WhatsApp kalian tidak disadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menghindar hal-hal tersebut, berikut ulasannya.

1. Jangan Memakai WiFi Publik

Yang pertama jangan pernah menggunakan WiFi publik yang ada ditempat umum kalau keadaan tidak benar-benar darurat, apalagi WiFi publik tersebut tidak dilengkapi dengan password sehingga siapa saja dapat menggunakannya.

Advertisements

Alasannya karena WiFi publik tersebut siapa saja bisa mengaksesnya dan juga sangat rentan terhadap bahaya dari serangan siber. Lebih lagi jika kalian menggunakan WiFi publik tersebut untuk mengakses informasi yang sifatnya pribadi, seperti mengakses WhatsApp misalnya.

2. Tingkatkan Keamanan Pada Smartphone

Tidak menutup kemungkinan kalau orang yang melakukan peretasan pada akun WhatsApp kalian adalah orang yang dekat dengan kalian sendiri, misalnya rekan kerja atau teman.

Agar WhatsApp kalian tidak mudah di hack, jangan pernah memberikan akses WhatsApp kalian kepada orang lain, bahkan kepada orang terdekat sekalipun. Gunakan selalu password yang kuat pada smartphone yang kalian gunakan.

Password adalah sebuah kunci keamanan pada smartphone dengan beberapa alternatif seperti misalnya dengan menggunakan PIN, Pola ataupun sidik jari. Kalau perlu, kunci juga aplikasi WhatsApp kalian dengan password, sehingga saat ada orang lain yang ingin membuka WhatsApp pada smartphone kalian, mereka akan diminta untuk memasukan password terlebih dahulu.

3. Jangan Gunakan Aplikasi WhatsApp Pihak Ketiga

Sekarang ini memang banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang bisa kalian download untuk menggunakan WhatsApp, misalnya saja aplikasi WhatsApp MOD dan juga aplikasi pendukung WhatsApp.

Hal tersebut karena aplikasi pendukung WhatsApp dapat menjadi salah satu celah yang digunakan oleh peretas atau hacker agar bisa mencuri data dari para pengguna WhatsApp. Misalnya seperti aplikasi untuk membuat sticker WhatsApp dan juga aplikasi perekam telefon.

Selain itu untuk aplikasi WhatsApp MOD yang pastinya sangat mencurigakan dan tidak menutup kemungkinan kalau aplikasi WhatsApp MOD tersebut terdapat malware didalamnya yang bisa mencuri data kalian.

4. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Verifikasi dua langkah merupakan fitur yang sering dilewatkan oleh kebanyakan pengguna WhatsApp pada smartphone yang mereka gunakan. Padahal dengan menggunakan fitur verifikasi dua langkah tersebut bisa membuat peretas atau hacker kesulitan untuk menjebol WhatsApp kalian.

Agar dapat mengamankan WhatsApp supaya tidak gampang disadap dengan menggunakan fitur bawaan ini, kalian bisa lakukan langkah-langkah dibawah ini :

  • Buka aplikasi WhatsApp lalu masuk ke menu setting dengan cara tap ikon tiga titik yang berada di sebelah kanan atas lalu pilih menu Settings.
  • Selanjutnya pilih Account dan pilih menu Two-step verification.
  • Aktifkan fitur Two-step verification tersebut dengan cara tap rombol Enable dengan diikuti langkah selanjutnya untuk memasukan PIN dan juga email untuk pemulihan jika WhatsApp kalian dihack.

Jadi itulah beberapa tips yang dapat kalian gunakan agar akun WhatsApp kalian tidak mudah dihack atau diretas oleh hacker atau orang yang tidak bertanggung jawab, selamat mencoba.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Ciri-Ciri Kalau WhatsApp Kamu Disadap

Ciri-Ciri Kalau WhatsApp Kamu Disadap

Ciri-Ciri Kalau WhatsApp Kamu Disadap lebakcyber.net – Ciri-ciri kalau WhatsApp kamu disadap. WhatsApp merupakan aplikasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *