Tuesday , May 17 2022

Ternyata SocialSpy WhatsApp Scam

Ternyata SocialSpy WhatsApp Scam

Ternyata SocialSpy WhatsApp Scam

lebakcyber.net – Ternyata SocialSpy WhatsApp Scam. Sebuah situs yang memiliki nama SocialSpy WhatsApp kembali lagi ramai menjadi bahan perbincangan para netizen, karena dianggap bisa digunakan untuk melakukan penyadapan pada percakapan WhatsApp milik orang lain.

Apakah hal tersebut memang benar bisa dilakukan? Setelah dilakukan sebuah percobaan yang dilakukan oleh detikINET, hal tersebut dapat dipastikan bohong. Karena kalau kita lihat dengan akal sehat, hal tersebut tidak mungkin bisa dilakukan, karena mana mungkin aplikasi WhatsApp yang terkenal dengan metode pengamanan end-to-end enksripsinya dapat disadap hanya dengan cara yang sangat mudah.

SocialSpy dalam halaman situsnya mengatakan para pengguna layanannya hanya perlu untuk memasukan nomor telepon pada target yang menjadi tujuannya dan juga lengkap dengan kode negara dari target tujuan.

Advertisements

Selanjutnya pengguna layanan SocialSpy WhatsApp diharuskan untuk menyelesaikan proses verifikasi agar membuktikan bahwa pengguna layanan yang mereka sediakan bukanlah sebuah bot. Dan pada tahap akhir, percakapan dari nomor WhatsApp yang dijadikan target bisa dilihat.

Kalau kita lihat. situs dari SocialSpy WhatsApp amat sangat sederhana. Terdapat sebuah logo aplikasi WhatsApp lalu tahapan apa saja yang harus penggunanya lakukan serta memasukan nomor telepon secara lengkap dari target yang ingin dilihat percakapannya dan tinggal klik tombol Submit.

Kalau kita pikir-pikir lagi, walau tidak harus mencoba aplikasi SocialSpy WhatsApp tersebut, layanan yang diberikan oleh situs SocialSpy tersebut bisa dipastikan tidak mungkin bisa dilakukan.

Dan untuk membuktikan hal tersebut, teman-teman tidak perlu melakukannya, karena berdasarkan uji coba yang sudah dilakukan oleh pihak detikInet, setelah mereka memasukan nomor telepon target secara asal dan juga tidak berbentuk nomor telepon karena sudah diisi juga dengan simbol huruf lalu menekan tombol Submit.

Advertisements

Selanjutnya situs SocialSpy WhatsApp tersebut menampilkan sebuah animasi yang seakan sedang melakukan proses loading, lalu mengakses data ke server, loading data dan juga lain sebagainya.

Selanjutnya nanti situs SocialSpy WhatsApp tersebut akan meminta penggunanya untuk melakukan verifikasi sebagai sebuah pembuktian kalau pengguna layanan yang mereka sediakan bukanlah sebuah bot.

Dan anehnya, langkah verifikasi yang dilakukan pada website tersebut adalah dengan cara mengisikan beberapa survei yang sangat aneh dan juga halaman verifikasi tersebut sudah bukan lagi berada di situs SocialSpy WhatsApp melainkan web tersebut akan membuka halaman cpabuild.

Situs cpabuild tersebut adalah situs yang digunakan untuk mengumpulkan sebuah klik dan para anggotanya akan mendapat pembayaran berdasarkan jumlah dari klik yang diarahkan dari link milik mereka.

Jadi dengan semakin banyaknya orang yang tertpi karena ingin melihat isi percakapan dari pengguna WhatsApp orang lain membuat si pemilik web SocialSpy WhatsApp tersebut semakin mendapat banyak pemasukan.

Intinya situs SocialSpy WhatsApp tersebut merupakan situs scam yang hanya ingin mendapat keuntungan dari target yang tertarik untuk mendapatkan layanannya namun akhirnya malah diarahkan ke sebuah situs klik untuk mendapatkan keuntungan pribadi bagi pemiliknya.

Jadi jangan sekali-sekali menggunakan layanan yang coba diberikan oleh web SocialSpy WhatsApp tersebut ya, karena bukannya melihat isi pembicaraan yang dilakukan oleh nomor yang dijadikan target, tapi pengguna yang mencoba layanannya malah harus mengisi beberapa survey yang nantinya menjadi keuntungan bagi si pembuat situs SocialSpy WhatsApp tersebut.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: