Tuesday , April 23 2019
Home / The Lounge / Sisi Gelap Internet / Ternyata Malware Dapat Menyusup Melalui Foto

Ternyata Malware Dapat Menyusup Melalui Foto

foto : Kim Komando Show

Ternyata Malware Dapat Menyusup Melalui Foto

lebakcyebr.net – Ternyata malware dapat menyusup melalui foto yang ada didalam smartphone, hal tersebut diungkapkan oleh tim keamanan Android melalui Android Security Bulletin yang mengungkapkan celah keamanan yang dapat dikatakan tidak lazim dalam hal aksesnya untuk dapat masuk kedalam perangkat user.

Celah tersebut menurut mereka membuat seorang hacker dapat menyusupkan malware melalui sebuah foto dengan format PNG. Sebagai informasi tambahan, format PNG adalah salah satu format yang cukup populer. Bahkan sebenarnya format PNG lebih baik jika dibandingkan dengan format JPG dalam hal kompresinya.

Dari laporan yang dikeluarkan oleh buletin tersebut, ada celah keamanan di Android yang dapat membuat seorang hacker memasukan kode jahat kedalam sebuah file foto. Selanjutnya kode jahat tersebut akan tereksekusi saat korbannya membuka foto tersebut.

Dikutip dari halaman Phone Arena, saat sudah di eksekusi, malware tersebut dapat mengakses proses utama dalam sistem operasi dan memiliki potensi untuk mengubah proses tersebut sesuai dengan keinginan si hacker.

Informasi tersebut terdengar menakutkan. Namun untungnya celah tersebut sudah dapat ditambal oleh tim keamanan Android yang ikut disertakan pada pembaruan Security Android pada tanggal 05-02-2019.

Tim keamanan Google juga tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai bagaimana cara mengeksploitasi celah tersebut. Pasalnya tidak semua pengguna Android dapat mengakses pembaruan keamanan tersebut secara langsung.

Setiap sistem operasi dalam hal ini yang digunakan oleh smartphone sejatinya memang wajib mendapatkan pembaruan keamanan secara reguler. Pasalnya, setiap saat ada saja celah keamanan yang muncul dan dapat membahayakan keamanan data para penggunanya seperti contohnya malware yang dijelaskan diatas.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *