Tuesday , June 2 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Tencent Mata-Matai Pengguna WeChat

Tencent Mata-Matai Pengguna WeChat

Tencent Mata-Matai Pengguna WeChat

lebakcyber.net – Tencent mata-matai pengguna WeChat. Tencent merupakan salah satu perusahaan teknologi yang berasal dari Tiongkok (China) baru saja dilaporkan karena sudah menyalahgunakan data penggnanya.

Tencent sendiri merupakan perusahaan yang memiliki aplikasi WeChat tersebut dilaporkan karena sudah menggunakan akun para pengguna aplikasi WeChat non Tiongkok dan data tersebut dijadikan konten untuk bisa melakukan sensor pada akun yang terdaftar di Tiongkok.

Hal tersebut sudah dilaporkan karena dianggap sebagai sebuah bentuk dari penyalahgunaan data para pengguna.

Advertisements

Citizen Lab yang merupakan bagian dari Toronto University memberikan penjelasan bahwa dokumen dan juga gambar yang dibagikan antara akun non Tiongkok yang telah terdaftar harus tunduk kepada pengawasan konten, tapi kenyataannya digunakan agar dapat membangun basis data WeChat yang ditujukan untuk melakukan sensor pada akun yang terdaftar di Tiongkok.

Para peneliti dari Citizen Lab tersebut juga menjelaskan bahwa walaupun akun WeChat asing tersebut tidak disensor, namun mereka menjadi sasaran pengawasan yang selanjutnya memberikan informasi sensor Tencent yang berada di Tiongkok. Informasi tersebut menggambarkan sebuah perusahaan raksasa teknologi di Tiongkok tersebut sudah melampaui batas domestiknya agar dapat memantau konten para pengguna internasionalnya.

Advertisements

Walau begitu, pihak Tencent sendiri yang merupakan pemilik dari aplikasi berbagi pesan WeChat masih belum ingin memberikan komentar mengenai laporan yang dibuat oleh Citizen Lab tersebut.

Citizen Lab yang akhirnya menarik kesimpulan berdasarkan uji coba yang mereka lakukan. Mereka melakukan 2 uji coba dengan skenario yang berbeda. Yang pertama mereka melakukan komunikasi sepenuhnya diantara akun yang tidak terdaftar di Tiongkok dan yang kedua mereka melakukan komunikasi dengan akun yang terdaftar di Tiongkok.

Dalam uji cobanya mereka mengirimkan dokumen dan juga gambar antara akun yang terdaftar di non-China agar dapat melihat apakah mereka akan diambil oleh algoritma sensor milik Tencent. Kalau ya artinya para pengguna di China tidak dapat melihat konten yang dikirim tersebut.

Citizen Lab menambahkan bahwa pengawasan seperti itu dapat ditemukan dengan melakukan konfirmasi kalau konten yang sensitif secara politis yang sudah dikirim secara eksklusif antara akun yang terdaftar di China nantinya akan dilakuakn identifikasi sebagai sebuah hal yang sensitif secara politis dan selanjutnya disensor saat dikirim antara akun yang terdaftar di China, tanpa terlebih dahulu dikirim ke, atau diantara akun pengguna China yang terdaftar.

Sebelumnya belum ada bukti kalau mesin sensor milik Tencet sudah mempengaruhi pengguna yang berada di luar negeri. Namun berdasarkan laporan tersebut sekarang menunjukan kalau Tencent sedang mengawasi konten para pengguna yang berada di luar China agar dapat membantu pihak Tencent memperketat penyensoran di rumah.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *