Tuesday , July 17 2018
Home / The Lounge / Intermezzo / Tanda Kalau Smartphone Kamu Diretas

Tanda Kalau Smartphone Kamu Diretas

foto : jktskyblog.com

Tanda Kalau Smartphone Kamu Diretas

lebakcyber.net – Pada kesempatan kali ini lebakcyber akan sharing tanda kalau smartphone kamu diretas oleh hacker. Seiring dengan semakin canggihnya teknologi dan juga koneksi internet yang semakin cepat dan murah, merubah gaya hidup masyarakat di beberapa negara menjadi lebih Mobile.

Hanya dengan menggunakan smartphone, pengguna bisa melakukan berbagai hal seperti melakukan transaksi perbankan, update status di sosial media, berkirim email sampai menyimpan beberapa data penting hanya didalam smartphone.

Namun kalau kamu berfikir menyimpan data-data penting didalam smartphone itu benar, sebaiknya kamu harus berfikir ulang. Karena setiap smartphone memiliki celah keamanan yang bisa dieksploitasi oleh hacker dan mengambil data-data penting yang kamu miliki.

Berikut ini adalah tanda kalau smartphone kamu diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab, langsung saja kita simak ulasannya berikut ini ya :

Baterai Smartphone Berkurang Secara Drastis

Setiap smartphone memiliki kapasitas baterai yang berbeda-beda. Kalau kamu terbiasa menggunakan smartphone yang dipakai saat ini, pasti kamu sudah hapal berapa lama biasanya smartphone kamu bisa bertahan.

Namun jika tiba-tiba baterai pada smartphone kamu berkurang secara drastis padahal kamu hanya menggunakan smartpone kamu seadanya saja, kamu harus waspada. Karena ada kemungkinan ada aplikasi tidak dikenal yang sedang berjalan secara background.

Aplikasi tersebut bisa saja berupa malware yang mampu mencuri data-data dari smartphone kamu. Terdengar mengerikan bukan, untuk mencegahnya jangan install aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, selalu download aplikasi yang berasal dari Play Store atau website terpercaya lainnya.

Ada Suara Orang Lain Saat Melakukan Telfon.

Salah satu tanda kalau smartphone kamu disadap adalah ada suara orang lain saat kamu melakukan panggilan telfon. Kalau itu terjadi kamu harus waspada, apalagi kalau suara orang lain atau suara bising yang kamu dengar itu tidak terdengar oleh lawan bicara kamu.

Kuota Internet Cepat Habis.

Selain daya baterai yang cepat habis, kuota internet yang mendadak boros juga merupakan salah satu tanda kalau smartphone kamu sudah diretas, karena bisa saja ada aplikasi yang sedang mengirim data tanpa sepengetahuan kamu.

Kalau kamu menggunakan paket data, kamu pasti sudah hapal berapa lama biasanya kuota kamu akan habis. Jadi kalau tiba-tiba saja boros dan kuota kamu cepat habis, kamu harus waspada dan segera mengecek apakah ada aplikasi yang sedang berjalan di background sehingga kamu tidak sadar ada aplikasi yang sedang menggunakan paket data.

Smartphone Tiba-Tiba Panas

Kalau ada aplikasi yang berjalan secara background, kemungkinan bisa menyebabkan smartphone kamu tiba-tiba panas, padahal saat itu kamu sedang tidak membuka aplikasi apa-apa atau kamu sedang tidak menggunakan smartphone.

Kalau kamu pernah mengalami hal tersebut, tidak ada salahnya untuk mengecek aplikasi apa saja yang sedang berjalan di menu pengaturan. Kamu bisa mengeceknya dengan masuk ke menu Settings – Developers Options – Running Service.

Kalau kamu menemukan aplikasi yang tidak dikenal sedang berjalan, segera hapus dan uninstall aplikasi tersebut serta jangan pernah meng-install aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya.

WiFi Aktif Dengan Sendirinya.

Saat kamu berada di tempat umum dan secara tiba-tiba WiFi kamu aktif sendiri padahal kamu tidak mengaktifkannya, kamu harus waspada. Hal tersebut bisa saja terjadi karena smartphone kamu sedang disadap. Melalui koneksi WiFi di tempat umum, para hacker bisa dengan mudah menginfeksi dan melakukan transfer data ke target yang mereka inginkan.

Oke jadi itulah tanda kalau smartphone kamu diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kalau kamu mengalami beberapa kejadian diatas, kamu harus mulai berhati-hati dan melakukan pengecekan aplikasi apa saja yang terinstall di smartphone kamu agar tidak menjadi korban peretasan.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *