Tuesday , June 2 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Tahun Depan Apple Akan Buat Macbook Murah

Tahun Depan Apple Akan Buat Macbook Murah

foto : pixabay

Tahun Depan Apple Akan Buat Macbook Murah

lebakcyber.net – Tahun depan Apple akan buat Macbook murah. Pihak Apple dikabarkan akan menjual laptop yang lebih murah dibandingkan dengan Macbook Air pada tahun 2021 nanti. Harga dari Macbook tersebut kabarnya akan lebih murah dibandingkan dengan Macbook Air.

Hal tersebut dapat memungkinkan karena Apple akan menempatkan chipset yang berbeda jika dibandingkan dengan perangkat Macbook lainnya. Macbook yang rencananya akan meluncur pada tahun 2021 ini dikabarkan akan menggunakan chipset berbasis ARM yang harganya antara 40 sampai 60 persen lebih murah kalau dibandingkan chipset dari Intel yang biasa digunakan pada perangkat Macbook.

Karena harga dari komponennya yang lebih murah tersebut, diperkirakan harga dari Macbook baru tersebut akan dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan Macbook Air. Bahkan kabarnya Macbook baru tersebut diperkirakan akan mampu meningkatkan penjualan Mac sampai dengan 50 persen.

Advertisements

Seorang sumber yang berasal dari sektor industri terkait sangat setuju kalau pihak Apple menempatkan Macbook barunya yang berbasiskan ARM tersebut sebagai laptop murah atau entry-level. Dan kemungkinan Macbook baru tersebut akan mirip dengan Macbook 12 inci yang sekarang ini sudah tidak lagi di produksi sejak tahun 2019 lalu.

Chipset ARM sendiri adalah sebuah chipset yang biasanya digunakan pada perangkat smartphone. Dan teknologi ini menjadi dasar dari pembuatan chipset Qualcomm, Samsung Exynos, Mediatek sampai Huawei Kirin.

Advertisements

Sebelumnya pihak Apple juga sempat dikabarkan akan mengeluarkan Mac dengan chipset ARM tersebut pada tahun 2020 atau 2021. Tapi berdasarkan laporan dari Ming-Chi Kuo yang merupakan seorang analis yang sering memberikan bocoran pada perangkat Apple, memperkirakan kemungkinan peluncuran dari perangkat Macbook murah tersebut akan mengalami sedikit keterlambatan karena adanya pandemi virus Corona.

Microsoft juga sebelumnya sudah pernah menggunakan chipset dengan berbasiskan teknologi ARM pada perangkat Microsoft Surface Pro X mereka. Jadi Macbook baru Apple yang dikabarkan akan dirilis tahun depan tersebut akan mengikuti jejak dari Microsoft yang merupakan rivalnya tersebut.

Beralihnya Macbook dengan menggunakan chipset ARM tersebut dikatakan akan menjadi sebuah awal untuk meninggalkan Intel dari produk-produk yang dibuat oleh Apple. Kalamata menjadi nama proyek untuk inisiatif pengembangan chipset berbasis ARM tersebut.

Pengembangan dari chipset tersebut nantinya akan menggunakan tiga buah chip baru. Dan chip tersebut adalah chip hasil peningkatan dari SoC A14 Bionic yang rencananya akan digunakan pada perangkat iPhone 12 dan juga iPad yang akan dirilis tahun 2021 mendatang.

Pihak Apple juga dikabarkan akan terus meningkatkan performa dari chipset ARM tersebut agar dapat digunakan pada seri-seri Macbook yang memiliki performa yang lebih tinggi, baik itu pada iMac, Mac Pro dan juga Macbook Pro. Walau begitu, ambisi tersebut sepertinya akan memakan waktu dan tidak dapat terwujud dalam waktu dekat.

Dengan tidak lagi menggunakan chipset dari Intel dapat mengurangi pihak Apple pada masalah ketergantungan perusahaan tersebut kepada Intel. Dan kabar mengenai peralihan Apple akan menggunakan chipset ARM tersebut memang sudah terdengar sejak tahun 2012 lalu.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

AirPods Baru Bisa Pantau Kesehatan Pengguna

AirPods Baru Bisa Pantau Kesehatan Pengguna

AirPods Baru Bisa Pantau Kesehatan Pengguna lebakcyber.net – AirPods baru bisa pantau kesehatan pengguna. Pihak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *