Friday , December 13 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Survei Menyatakan Anak-anak Lebih Mudah Menemukan Konten Dewasa

Survei Menyatakan Anak-anak Lebih Mudah Menemukan Konten Dewasa

gambar : parenting.com

lebakcyber.net – Survei Menyatakan Anak-anak Lebih Mudah Menemukan Konten Dewasa. Internet sekarang ini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, dengan internet kita akan lebih mudah mencari informasi apapun, dengan menggunakan google kita sudah bisa mencari informasi apa saja yang kita inginkan. Namun internet juga seperti pisau bermata dua, kita dapat mengguakannya untuk kebaikan ataupun keburukan.

Saat ini anak anak juga sudah sangat pandai dalam menggunakan internet, hanya dengan smartphone atau tab yang mereka miliki, kini mereka sudah bisa mencari informasi mengenai pelajaran yang diberikan sekolah. Sehingga mereka bisa mendapatkan informasi lebih banyak dari pelajaran yang mereka terima disekolah.

Namun sayangnya, Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan oleh Net Aware yang diikuti oleh 1.725 anak sekolah dan 500 orang tua murid dilakukan dengan memanfaatkan 50 situs media sosial paling populer untuk mengungkapkan potensi risiko yang dihadapi oleh anak-anak dalam hal konten berbahaya yang mereka konsumsi saat berselancar di internet.

Advertisements

Dari hasi survei tersebut, ternyata anak anak yang mengikuti survei telah melihat materi dewasa berkaitan dengan seksual, kekerasan atau materi dewasa lainnya di media sosial, melalui situs seperti ChatRoulette, Omegle dan Tumblr dinilai sangat berisiko tinggi untuk konten seksual. Anak-anak masih merasa terlalu mudah untuk mengakses konten yang berpotensi berbahaya secara online.

Selain itu, sekitar 78% anak-anak yang mengikuti survei mengaku sudah bergabung dengan situs media sosial sebelum mencapai usia minimum, pada gilirannya membuat mereka lebih rentan terhadap kandungan berbahaya dan kondisi ini di luar sepengetahuan orang-tua mereka.

Anak-anak sering menganggap internet adalah entitas magis yang mampu menjawab segala macam pertanyaan bahkan pertanyaan yang yang tidak jelas sekalipun, tapi apa yang tidak mereka ketahui adalah virus, privasi online, phishing, etika bersosial media, masalah keamanan internet dan yang mengkhawatirkan adalah konten-konten dewasa.

Advertisements

Jadi bagi para orang tua diharapkan agar lebih berhati hati dan selalu mengawasi setiap kegiatan yang dilakukan oleh anak anaknya saat mereka berselancar di dunia internet agar tidak mengakses situs situs yang tidak semestinya diakses oleh anak anak. karena hasil survei menyatakan anak-anak lebih mudah menemukan konten dewasa.

Orang tua bisa menanggulangi masalah tersebut Misalnya dengan menginstall aplikasi parental control yang banyak tersedia di internet agar anak anak tidak dapat mengakses situs situs yang berbahaya dan memiliki konten untuk orang dewasa.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

5 iPhone Yang Akan Hadir Pada 2020

5 iPhone Yang Akan Hadir Pada 2020

5 iPhone Yang Akan Hadir Pada 2020 lebakcyber.net – 5 iPhone yang akan hadir pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *