Wednesday , October 16 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Standar Baru Untuk Laptop Intel

Standar Baru Untuk Laptop Intel

foto : Endgatget

Standar Baru Untuk Laptop Intel

lebakcyber.net – Standar baru untuk laptop Intel. Intel membuat sebuah standarisasi baru untuk laptop yang menggunakan prosesor buatannya. Yaitu untuk laptop-laptop yang dapat bertahan selama sembilan jam.

Laptop yang nantinya akan memenuhi syarat dari Intel tersebut nantinya akan mendapatkan label bertuliskan ‘Engineered for mobile performance’. Laptop dengan label tersebut dijamin oleh Intel sudah memenuhi beberapa syarat yang sudah ditetapkan.

Syarat tersebut adalah laptop tersebut dapat bertahan selama 9 jam penggunaan untuk satu kali pengisian daya baterai, dapat dibangunkan dari mode sleep dan langsung dapat digunakan untuk melakukan browsing dalam waktu 2 detik dan juga memiliki performa yang sama cepatnya saat terhubung dengan charger ataupun tidak.

Advertisements

Dan yang paling penting adalah Intel mengklaim kalau perusahaannya benar-benar menguji setiap laptop yang mendapatkan label tersebut. Alhasil daya tahan baterainya bukan sekedar berdasarkan klaim sepihak dari pembuatnya.

Pada proses verifikasi Intel tersebut, proses pengujian daya tahan baterai ini dilakukan dengan menggunakan laptop untuk browsing di internet dengan menggunakan koneksi WiFi, dan juga tingkat kecerahan layar diatur pada angka 250 nits.

Hal ini bukan pertama kalinya Intel memberikan label pada setiap laptop. Sebelumnya perusahaan tersebut juga membuat label ‘Ultrabook’ dan ‘Netbook’. Namun kalau ditarik lebih jauh, dulu Intel juga membuat label ‘Intel Inside’ untuk perangkat-perangkat yang menggunakan prosesor buatannya.

Advertisements

Dikutip dari halaman PCWorld, khusus untuk ‘Engineered for mobile performance’ yang sebelumnya berawal dari program Project Athen, Intel tak mau menyebutnya sebagai label, melainkan sebuah ‘visual identifier’.

Project Athen sendiri merupakan sebuah program ambisius Intel untuk memberikan standarisasi kepada laptop yang menggunakan prosesor Intel. Laptop Project Athena 1.0 harus memenuhi beberapa syarat berikut ini :

  • Performance and Responsiveness: Spek minimal yang harus dipenuhi, yaitu Core i5, RAM 8GB, dan SSD 256GB.
  • Intelligence: Mendukung akselerasi AI, seperti yang ada di chip Core generasi 10.
  • Instant Action: menghilangkan waktu tunggu laptop ketika ‘dibangunkan’ dari mode sleep.
  • Battery Life: Bisa diisi ulang lewat USB-PD/C, dan optimasi efisiensi daya.
  • Konektivitas: WiFi 6 dan/atau Gigabit LTE dan Thunderbolt 3.
  • Form Factor: layar sentuh, precision trackpad, dan bezel tipis.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *