Sunday , November 17 2019
Home / The Lounge / Sisi Gelap Internet / Spyware Pegasus Yang Mengancam WhatsApp

Spyware Pegasus Yang Mengancam WhatsApp

foto : kominfo.go.id

Spyware Pegasus Yang Mengancam WhatsApp

lebakcyber.net – Pegasus spyware yang mengancam WhatsApp. Spyware Pegasus yang di buat oleh NSO Group kembali naik daun setelah perusahaan Facebook menggugat perusahaan yang berasal dari Israel tersebut. Jadi seperti apa sih kemampuan spyware Pegasus tersebut?

Dalam gugatannya, pihak Facebook mengungkapkan beberapa kemampuan Pegasus yang dapat membuat geleng-geleng kepala karena kecanggihannya. Mereka juga mengungkapkan bahwa setidaknya ada 1.400 orang yang menjadi target dalam serangan spyware Pegasus tersebut.

Gugatan tersebut muncul setelah Facebook melakukan investigasi bersama dengan Citizen Lab, sebuah kelompok pemantau independen yang pertama kali menyadari adanya kelemahan pada aplikasi berbagi pesan WhatsApp yang dapat dieksploitasi.

Advertisements

Facebook mengatakan kalau Pegasus menyusup melalui fitur Video Call dan juga panggilan telepon WhatsApp. Setelah disusupkan, Pegasus dapat mengeksekusi kodenya didalam ponsel si korban.

Dikutip dari halaman Times of India, dalam gugatannya, Pegasus disebut memiliki kemampuan memata-matai dalam tiga level. Yaitu data ekstraksi, pemantauan pasif, dan juga pengumpulan data secara aktif.

Dalam keterangannya, WhatsApp menuliskan bahwa spyware Pegasus didesain salah satu bagiannya untuk mengintersepsi komunikasi yang dikirim dan juga diterima dari perangkat, termasuk komunikasi melalui iMessage, Telegram, Skype, Facebook Messenger, WeChat, WhatsApp dan lainnya.

Hal tersebut menungkapkan bahwa sebenarnya Pegasus tidak hanya menginfeksi WhatsApp, melainkan juga berbagai macam aplikasi pengiriman pesan populer lainnya. Bukan itu saja, Pegasus juga dapat menyusup tanpa jejak dengan konsumsi baterai yang minimal agar tidak menimbulkan kecurigaan.

Dalam keterangannya, pihak WhatsApp juga menambahkan bahwa Pegasus tidak meninggalkan jejak, konsumsi bateraim memori dan penggunaan data yang minimal, dan juga memiliki pilihan untuk menghapus dirinya sendiri yang dapat digunakan setiap saat.

Advertisements

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Fitur WhatsApp Agar Privasi Tidak Terganggu

Fitur WhatsApp Agar Privasi Tidak Terganggu

Fitur WhatsApp Agar Privasi Tidak Terganggu lebakcyber.net – Fitur WhatsApp agar privasi tidak terganggu. Ada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *