Thursday , December 12 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Spesifikasi PS5 Bisa Mainkan Game PS4

Spesifikasi PS5 Bisa Mainkan Game PS4

foto : kompas

Spesifikasi PS5 Bisa Mainkan Game PS4

lebakcyber.net – Spesifikasi PS5 bisa mainkan game PS4. Walaupun belum dapat dipastikan kapan akan diluncurkan, pihak Sony secara terang-terangan sudah membeberkan spesifikasi dari konsol PlayStation 5 (PS5). Konsol terbaru dari Sony ini akan membawa jeroan baru yang lebih canggih dibandingkan PlayStation 4 (PS4) yang dirilis 6 tahun lalu.

Mark Cerny, salah seorang eksekutif Sony yang memiliki tanggung jawab merancang mesin PS4 sudah mengungkapkan spesifikasi kunci konsol PlayStation 5. Menurut keterangan Cerny dalam sebuah wawancara dengan Wired, PS5 akan diotaki prosesor AMD Ryzen generasi ketiga.

Lantaran menggunakan prosesor yang memiliki arsitektur yang sama dengan PS4 sebelumnya, PS5 juga dapat menjalankan berbagai game yang dibuat untuk PS4. Selain itu, kinerja game PS4 akan meningkat saat dimainkan di PS5.

Advertisements

Cerny sendiri sempat melakukan demonstrasi game Spiderman yang membutuhkan waktu loading selama 15 detik di PS4 Pro. Selanjutnya dia mencoba menjalankan game yang sama di sebuah perangkat developer kit PS5 dan hasilnya waktu loading yang dibutuhkan untuk membuka game tersebut menjadi hanya 0,8 detik.

Hal tersebut karena PS5 dibekali dengan media penyimpanan Solite State Drive (SSD) yang dirancang khusus untuk PS5 alih-alih menggunakan harddisk konvensional seperti yang digunakan pada PS4. Cerny sendiri belum menyebutkan sang konsol sebagai “PlayStation 5”. Nama tersebut baru berdasarkan prediksi dari publik.

Prosesor Ryzen yang digunakan pada PS5 dibuat dengan menggunakan fabrikasi 7nm. Ada juga pengolah grafis (GPU) AMD Radeon Navi. Kombinasi dua komponen ini, ditambahkan dengan SSD membuat perangkat ini memiliki kinerja yang lebih tinggi dibandingkan dengan PS4 dan segala variannya.

Advertisements

Dikutip dari halaman Wired. Berbagai fitur baru juga ikut disertakan oleh komponen-komponen baru PS5, termasuk dukungan ray tracing untuk efek pencahayaan realistis dan kemampuan resolusi 8K.

Audio juga tidak luput untuk diperbarui pada PS5 ini dan ditangani khusus oleh prosesor khusus suara yang dibuat oleh AMD. Cerny menjanjikan kualitas audio PS5 akan meningkat jauh dibandingkan PS4 sebelumnya.

Pengembangan PS5 sendiri sekarang ini masih dalam tahap uji coba oleh para pengembang game melalui perangkat developer kit. Belum dapat dijelaskan kapan sang konsol game baru dari Sony ini akan dirilis ke pasaran.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

PS5 Belum Akan Rilis Tahun Ini

PS5 Belum Akan Rilis Tahun Ini

PS5 Belum Akan Rilis Tahun Ini lebakcyber.net – PS5 belum akan rilis tahun ini. Minggu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *