Friday , May 25 2018
Home / The Lounge / Kabar Tekno / SpaceX Siap Luncurkan Roket Terbarunya

SpaceX Siap Luncurkan Roket Terbarunya

foto : instagram

SpaceX Siap Luncurkan Roket Terbarunya

lebakcyber.net – Sejumlah pengembangan yang sudah dilakukan oleh SpaceX membuat roket buatannya akan terasa seperti baru, apalagi roket terbarunya tersebut ditambahkan kemampuan untuk diterbangkan sampai 100 kali. Dan SpaceX siap luncurkan roket terbarunya tersebut.

Sejak didirikan, SpaceX bisa dibilang hanya memiliki roket-roket versi beta yang belum terbentuk secara sempurna. Namun kini, untuk pertama kalinya perusahaan tersebut siap untuk menerbangkan versi final dari salah satu roketnya, yaitu Falcon 9.

Versi final dari roket tersebut akan diberi nama Block 5 Falcon 9 dan dalam beberapa penerbangan terakhir dari Falcon 9 yang mampu mendarat kembali ke bumi untuk meluncur lagi pada misi selanjutnya merupakan versi Block 3 dan Block 4.

Elon Musk sendiri mengatakan bahwa Block 5 merupakan hasil dari pengembangan roket tersebut. Hal tersebut membuat Falcon 9 memiliki kemampuan untuk digunakan kembali secara lebih banyak, peningkatan kekuatannya dan juga pengembangan kontrol saat mendarat kembali ke bumi.

Sampai saat ini, roket Falcon 9 belum pernah digunakan untuk terbang lebih dari dua kali. Pihak SpaceX sendiri berharap bahwa versi Block 5 mampu digunakan dalam 10 misi beruntun tanpa memerlukan perbaikan yang signifikan.

Setelah mencapai target tersebut, barulah roket ini mendapat pembaruan untuk diterbangkan lagi sampai 10 kali pada misi berikutnya. Diharapkan proses tersebut dapat terus diulang secara terus-menerus dengan batas maksimum sampai 100 kali peluncuran tiap roket.

Selain itu, Block 5 juga siap untuk membawa angkasawan menuju international Space Station (ISS) yang misinya kemungkinan akan dilakukan pada tahun 2018 ini. Walaupun begitu, NASA selaku badan antariksa Amerika Serikat hanya memberikan izin awaknya mengikuti misi tersebut kalau Block 5 Falcon 9 dapat sukses diterbangkan minimal 7 kali.

Untuk misi perdananya sendiri, roket tersebut dijadwalkan akan diluncurkan pada hari Kamis pukul 16:12 ET, atau Jumat pagi waktu Indonesia, yang bertempat di Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat. Dalam penerbangannya itu, Falcon 9 versi terbaru akan membawa satelit Bangabandhu-1 milik Bangladesh.

Semoga saja peluncuran roket terbaru dari SpaceX tersebut dapat berjalan dengan sukses tanpa hambatan. Jika sukses, bukan tidak mungkin kalau biaya untuk pergi ke antariksa akan menjadi semakin murah.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *