Wednesday , September 18 2019
Home / Android / Solusi Penyimpanan Android Yang Cepat Penuh

Solusi Penyimpanan Android Yang Cepat Penuh

foto : hexamob.com

Solusi Penyimpanan Android Yang Cepat Penuh

lebakcyber.net – Sebagian pengguna smartphone Android pasti pernah mengeluh mengenai masalah penyimpanan yang dirasa terlalu cepat penuh. Jika penyimpanan di Android kamu sudah mulai penuh, biasanya smartphone kamu akan berjalan menjadi lebih lambat dari biasanya. Kali ini lebakcyber akan sharing solusi penyimpanan Android yang cepat penuh agar masalah kamu mengenai penyimpanan di Android dapat teratasi.

Gunakan Penyimpanan Eksternal (MicroSD)

Smartphone Android sekarang memang biasanya sudah memiliki media penyimpanan dengan ukuran yang lumayan besar, mulai dari 32 GB, 64 GB sampai 128 GB. Namun bagi kamu pengguna smartphone android yang memiliki media penyimpanan dibawah kapasitas diatas pasti sering mengalami masalah memori yang cepat penuh.

Tapi jangan khawatir, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan media penyimpanan eksternal seperti MicroSD agar kamu bisa memindahkan file media sampai aplikasi yang terinstal di smartphone Android kamu kedalam MicroSD.

Manfaatkan Media Penyimpanan Cloud

Sekarang banyak smartphone yang tidak menyertakan media untuk menambahkan MicroSD ke smartphonenya, tapi tenang saja karena masih ada solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Kebanyakan smartphone Android sekarang sudah mendukung sistem penyimpanan awan atau yang biasa dikenal dengan Cloud.

Kamu bisa menaruh berbagai file dan media di Cloud, jadi Android kamu tidak perlu menyimpan berbagai file dengan ukuran besar di media internal, cukup menaruhnya di cloud dan kamu bisa download file atau media yang kamu butuhkan kapan saja. Jadi kapasitas media penyimpanan pada smartphone Android kamu akan tetap terjaga dan tidak kepenuhan.

Perhatikan Ukuran File

Mendownload aplikasi, menyimpan berbagai file multimedia seperti dokumen, foto dan video bisa memakan ruang penyimpanan yang lumayan besar di smartphone Android kamu. Jadi sebaiknya kamu perhatikan dulu ukuran dari file yang akan tersimpan di smartphone Androidmu.

Bersihkan File Cache Di Smartphone

Setiap aplikasi yang kamu install di smartphone Android pasti akan menyimpan file cache atau temporary file saat digunakan. Hal tersebut bertujuan agar ketika kamu membuka kembali suatu aplikasi, aplikasi tersebut dapat terbuka dengan lebih cepat. Namun sayangnya temporary file juga memakan media penyimpanan di Android kamu.

Solusinya adalah dengan membersihkan file cache atau temporary file tersebut dari smartphone kamu. Caranya dengan masuk ke menu Settings -> Apps selanjutnya pilih apliksi yang ingin kamu hapus cachenya lalu tap tombol bersihkan cache.

Oke itulah beberapa cara solusi penyimpanan Android yang cepat penuh, semoga tutorial sederhana ini bisa bermanfaat bagi kamu yang sering mengalami masalah memori di smartphone Android kamu.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Android Q Beta Akan Hadir di Banyak Perangkat

Android Q Beta Akan Hadir di Banyak Perangkat

Android Q Beta Akan Hadir di Banyak Perangkat lebakcyber.net – Setelah merilis Android Pie, Sekarang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *