Wednesday , December 11 2019
Home / The Lounge / Sisi Gelap Internet / Skandal Terbesar Dalam Dunia Teknologi

Skandal Terbesar Dalam Dunia Teknologi

foto : nsa

Skandal Terbesar Dalam Dunia Teknologi

lebakcyber.net – Skandal terbesar dalam dunia teknologi. Di era modern seperti sekarang ini, industri teknologi merupakan industri yang paling cepat mengalami perkembangan. Jadi wajar saja kalau sekarang ini manusia modern sudah kecanduan teknologi.

Oleh karena itu sekarang ini banyak bermunculan perusahaan perusahaan teknologi di dunia. Mulai dari level start-up sampai ke perusahaan teknologi raksasa.

Selain menjadi industri terbesar di era modern sekarang ini, industri teknologi juga menjadi penyumbang lapangan pekerjaan dengan gaji terbesar.

Advertisements

Walau begitu, industri teknologi bukan berarti kebal dari skandal. Dengan nilai industri yang mencapai miliaran dollar dan juga akses kepada seluruh data penggunanya, bayangkan bahaya yang dapat ditimbulkan karena hal tersebut.

Dan berikut ini adalah daftar skandal terbesar dalam dunia teknologi yang pernah terbongkar oleh media.

Bocornya Data Yahoo

Skandal Terbesar Dalam Dunia Teknologi
foto : Yahoo

Kebocoran data merupakan salah satu hal yang paling berbahaya dalam dunia modern seperti sekarang ini. Data pribadi seseorang dapat diakses dengan mudah oleh orang lain jika tidak dijaga dengan baik.

Advertisements

Salah satu kasus kebocoran data terbesar yang pernah menimpa Yahoo. Ada 3 miliar data penggunanya yang bocor ke tangan hacker.

Sampai sekarang ini belum diketahui siapa pelakunya. Skandal ini mengguncang Yahoo sampai ke akar dan bahkan nilai perusahaan Yahoo turun sampai ratusan juta Dollar.

NSA Memata-Matai Semua Orang

foto : nsa

Khawatirnya para pengguna gadget karena merasa kalau gadget mereka memata-matai bukanlah isapan jempol semata. Pada tahun 2013, sebuah skandal teknologi besar-besaran terjadi di Amerika Serikat.

Natioan Security Agency (NSA) terbukti memata-matai semua pengguna smartphone pintar dengan melakukan penyadapan pada peralatan yang terhubung dengan internet.

Dan yang membocorkan hal tersebut adalah Edward Snowden yang merupakan seorang mantan kontraktor NSA kepada publik. Karena aksinya tersebut, Snowden dianggap pahlawan bagi rakyat namun dianggap musuh bagi negara.

Dapat dibayangkan kengerian yang terjadi kalau pemerintah mengetahui semua kegiatan rakyatnya selama 24 jam sehari. Mark Zuckerberg yang merupakan CEO Facebook sampai menutup webcam dan mic pada laptopnya agar tidak dimata-matai oleh NSA.

Alan Turing

Skandal Terbesar Dalam Dunia Teknologi
foto : internet

Pernah melihat film The Imitation Game? Film yang diperankan oleh Bennedict Cumberbatch tersebut menceritakan tentang seorang tokoh bernama Alan Turing. Alan Turing sendiri merupakan salah satu bapak teknologi dunia yang memberikan banyak jasa dalam bidang komputer modern.

Dirinya menciptakan komputer pertama didunia yang digunakan untuk memecahkan kode Nazi Jerman saat perang dunia ke dua berlangsung. Karena jasanya tersebut, pasukan sekutu dapat memenangkan perang tersebut.

Alan Turing merupakan seorang homosexual. Pada zamannya, homoseksual ditentang oleh pemerintah Inggris dan dirinya ditangkap dan diberikan dua pilihan.

Pilihan yang pertama adalah hukuman penjara dan pilihan yang kedua adalah kastrasi kimia. Alan memilih pilihan yang kedua dan beberapa tahun kemudian dirinya mengalami depresi lalu melakukan bunuh diri pada usianya yang ke 41 tahun.

Aaron Swartz

foto : internet

Aaron Swartz merupakan seorang programmer dan juga aktivis yang bergerak pada bidang hak cipta. Kalau saat berselancar di internet kamu pernah mendapatkan artikel dan jurnal ilmiah gratis, kamu seharusnya berterima kasih pada Aaron.

Aaron mendownload banyak sekali artikel dan juga jurnal ilmiah secara ilegal dari internet dan menyebar luaskannya secara gratis.

Aksi Aaron tersebut dianggap sudah merugikan banyak orang dan sempat diamankan oleh pihak kepolisian. Dirinya dituntut hukuman penjara 35 tahun dan juga denda sebesar USD 1 juta.

Karena tuduhan tersebut, Aaron menjadi depresi dan akhirnya memutuskan untuk bunuh diri dengan cara menggantung dirinya di apartement miliknya. Dan kejadian tersebut sampai sekarang ini menjadi perdebatan banyak pihak.

Banyak yang menganggap kalau kasus Alan Turing ini merupakan salah satu skandal teknologi terbesar di dunia pada abad ke 20. Segala jasa yang sudah diberikan oleh Alan Turing dilupakan karena masalah orientasi seksualnya.

Skandal Cambridge Analytica

foto : internet

Skandal Cambridge Analytica merupakan skandal yang menyerang perusahaan teknologi raksasa Facebook. Skandal ini dinilai berperan besar dalam pemilihan Donald Trump sebagai presiden Amerika Serikat.

Bukan rahasia lagi kalau Facebook melakukan perekaman jejak data para penggunanya. Masalahnya data tersebut dicuri secara ilegal oleh Cambridge Analytica.

Cambridge Analytica sendiri merupakan sebuah firma konsultan politik yang digunakan oleh Donald Trump pada masa kampanyenya saat pemilihan presiden Amerika Serikat.

Bahkan sampai sampai skandal Cambridge Analytica ini mempengaruhi Brexit yang dilakukan oleh pemerintah Inggris. Ternyata teknologi mampu membentuk opini di masyarakat dengan mudah.

Itulah beberapa skandal terbesar dalam dunia teknologi yang pernah menjadi sorotan publik dan juga mencuri perhatian banyak orang.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *